PENGERTIAN LEMBAH DAN CONTOHNYA


  • Pengertian lembah dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan lembah ?
  • Apa itu lembah ? Apa arti lembah ?
  • Apa contoh lembah yang ada di indonesia ?
  • Apa perbedaan lembah dan ngarai ?

Pengertian Lembah dan Contohnya


Pengertian Lembah dan Contohnya Menurut Para Ahli :

Pengertian lembah adalah area tanah rendah yang berada si sisi kiri dan kanan sungai atau membentang di kaki perbukitan / pegunungan.

Lembah merupakan wilayah yang terbentuk akibat terjadinya proses geologis pada wilayah tertentu yang mana hal tersebut menyebabkan timbulnya area / permukaan tanah yang tidak merata. Lembah bisa saja memiliki wilayah yang sangat luas dan bahkan mencapai ribuan kilometer dan hal tersebut akan mempengaruhi populasi yang terdapat di kawasan lembah itu sendiri.

Ciri ciri lembah pada umumnya yaitu banyak ditemukan pada wilayah / negara yang memiliki kawasan pegunungan dan perbukitan, di mana lembah menjadi bagian terindah dari kawasan tersebut. Sebuah lembah akan memiliki suhu udara yang lebih rendah / dingin, di mana suhu di sebuah lembah berada di kisaran 10-20 Derajat Celcius. Hal ini tentu membuat lembah memiliki udara yang sejuk dan cenderung dingin, sehingga populasi tumbuhan yang terdapat di sanapun akan lebih beragam dan bahkan banyak tumbuhan yang bersifat endemik di dalam lembah. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri, di mana semakin jarang orang-orang mendatangi sebuah wilayah / kawasan, maka kelestarian habitat yang hidup di dalam kawasan tersebut akan semakin terjaga.

Di Indonesia banyak terdapat lembah yang cukup dalam dan memiliki keindahan yang sangat menawan, hal ini karena negara kita adalah negara yang terletak di kawasan pegunungan. Hal tersebut membuat negara kita memiliki banyak kawasan wisata pegunungan dan lembah yang bisa dikunjungi sebagai daerah tujuan wisata.

Salah satu lembah yang terkenal di Indonesia adalah Lembah Baliem yang terletak di Papua. Lembah ini merupakan lembah yang berada di wilayah pegunungan Jayawijaya dan terletak pada ketinggian 1600 meter dari permukaan laut. Lembah baliem memiliki keindahan alam yang masih alami dengan latar pegunungan Jayawijaya dan suhu sekitar 10-15 Derajat Celcius. Lembah Baliem juga menjadi tempat tinggal bagi Suku Dani yang desanya dikenal dengan nama Desa Wosilimo, sekitar 27 kilometer dari kota Wamena.

Adapun beberapa contoh lembah di Indonesia lainnya yaitu :

  • Lembah Bada di Sulawesi Tengah.
  • Lembah Green Canyon di daerah ciamis Jawa Barat.
  • Lembah Anai di Sumatera Barat.
  • Lembah Harau di daerah Payakumbuh Sumatra Barat.
  • Lembah Ngarai Sianok di kota Bukittinggi.

Banyak yang bingung tentang perbedaan pengertian lembah dan ngarai. Perbedaan lembah dan ngarai adalah pada sisi tingkat kecuraman pengapitnya. Dimana lembah di apit dengan sisi yang cenderung lebih landai sedangkan ngarai diapit oleh 2 ketinggian yang lebih terjal dan curam daripada lembah.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian lembah, nama lembah dan daerahnya. Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian lembah dan contohnya ya ! Baca juga pengertian marshall plan dan molotov plan 🙂