PENGERTIAN LOGIS DAN CONTOHNYA


  •  Apa yang dimaksud dengan logis ?
  • Apa itu logis ? Apa arti dari logis ?
  • Apa pengertian logis atau masuk akal ?

Pengertian Logis dan Contohnya


Pengertian Logis Menurut Para Ahli :

Pengertian logis adalah sesuatu yang bisa diterima oleh akal dan yang sesuai dengan logika atau benar menurut penalaran. Dengan kata lain logis dapat dikatakan sebagai sebuah pola atau cara berpikir seseorang terhadap suatu hal.

Penggunaan kata logis telah sangat awam di kalangan masyarakat luas, penerapannya juga bisa dikatakan telah dilakukan dengan benar dan semestinya. Salah satu contoh penerapan kata logis dalam tindakan seseorang adalah seperti di bawah ini :

Arman sedang dalam perjalanan pulang ke rumah, tiba-tiba ponselnya berbunyi dan seseorang yang sedang meneleponnya dari sebuah rumah sakit di Jakarta mengabarkan kalau ayahnya baru saja mengalami kecelakaan dan harus segera mendapatkan pertolongan untuk menyelamatkan nyawanya. Namun Arman menanggapi kabar tersebut dengan santai dan perasaan yang biasa saja hingga akhirnya orang tersebut memutuskan dan menutup percakapan mereka dengan sepihak. Pertanyaannya adalah, kenapa Arman bersikap seperti itu? Apakah Arman tidak khawatir dengan keadaan ayahnya yang baru saja mengalami kecelakaan?

Dalam hal ini Arman hanya menggunakan logikanya dan mencoba untuk berpikir logis dengan mengingat dan mencerna berbagai informasi yang muncul di pikirannya. Arman menepis semua informasi tersebut dengan beberapa fakta yang sebenarnya, seperti :

  • Mereka tinggal di Bali.
  • Ayah Arman telah meninggal beberapa tahun silam, jadi mustahil rasanya bila ayahnya tiba-tiba mengalami sebuah kecelakaan di Jakarta 🙂

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian logis secara umum & contoh berpikir logis ya ! Baca juga pengertian logistik 🙂