PENGERTIAN LOKAKARYA DAN SEMINAR


  • Pengertian lokakarya dan seminar itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan lokakarya ?
  • Apa itu lokakarya ? Apa arti lokakarya ?
  • Apa kelebihan dan kekurangan lokakarya ?
  • Apa perbedaan lokakarya dan seminar ?

Pengertian Lokakarya dan Seminar


Pengertian Lokakarya dan Seminar Menurut Para Ahli :

Pengertian lokakarya adalah sebuah acara atau pertemuan yang dilakukan oleh para ahli di bidang tertentu yang bertujuan untuk membahas suatu masalah yang terkait dengan keahlian mereka, sekaligus untuk mecari solusi bagi permasalahan tersebut.

Definisi lokakarya bisa saja dianggap sebagai sebuah pertemuan ilmiah kecil yang dilakukan oleh beberapa orang ahli di dalam bidang tertentu, yang mana kegiatan ini dapat dilakukan sebagai sebuah agenda rutin yang pelaksanaannya dilakukan dalam kurun periode tertentu. Di dalam pelaksanaanya lokakarya biasanya akan digelar di suatu tempat tertentu yang kondusif dan tenang, sehingga para pesertanya dapat fokus dan berkonsentrasi terhadap masalah yang sedang dibahas di dalam lokakakrya tersebut.

Contoh lokakarya adalah lokakarya yang dilakukan oleh para guru BP yang membahas masalah penanganan terhadap kenakalan anak-anak sekolah yang duduk di bangku SMU.

Pengertian seminar adalah sebuah bentuk pengajaran yang diberikan secara khusus untuk membahas suatu topik tertentu yang mana pelaksanaanya bisa dilakukan oleh sebuah lembaga profesoinal ataupun oleh organisasi komersial lainnya.

Pada umumnya seminar dilakukan dengan cara menerapkan sistem pengajaran akademis, di mana kegiatan ini dilakukan seperti layaknya sebuah kelas perkuliahan bagi para pesertanya. Di dalam sebuah seminar pada umumnya akan dibahas sebuah topik khusus yang mana para peserta nantinya dapat berpartisipasi secara aktif di dalam pembahasan tersebut. Hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa di dalam sebuah seminar dibutuhkan keberadaan seorang moderator.

Pada umumnya para peserta seminar bukanlah orang-orang baru di dalam topik yang sedang dibahas, namun mereka adalah orang yang telah terbiasa atau setidaknya mengenal dengan baik topik yang akan dibahas di dalam seminar tersebut. Hal ini akan memudahkan terciptanya dialog di antara para peserta seminar dengan pembicara yang didatangkan oleh panitia pelaksananya, di mana para peserta seminar umumnya adalah mahasiswa dan praktisi yang bergelut di bidang yang sedang dibahas tersebut.

Salah satu contoh seminar yang sering dilakukan adalah seminar mengenai pajak, di mana seminar ini biasanya dilaksanakn untuk mengenalkan / menjelaskan perubahan peraturan di dalam perpajakan.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian lokakarya dan seminar secara umum ya ! Baca juga pengertian legitimasi 🙂