PENGERTIAN MASKOT DAN JINGLE


  • Pengertian maskot dan jingle itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan maskot ?
  • Apa itu maskot ? Apa arti kata maskot ?
  • Apa pengertian maskot karnaval ?
  • Apa itu jingle iklan ?

Pengertian Maskot dan Jingle


Pengertian Maskot dan Jingle Menurut Para Ahli :

Setiap kali ada perhelatan olahraga seperti PON atau pekan olahraga nasional, piala dunia, euro atau piala eropa, sea games, olimpiade, dan lain sebagainya, maskot merupakan salah satu unsur yang wajib disertakan. Contoh maskot bisa dilihat pada olimpiade Rio 2016 yang sedang berlangsung dimana maskotnya adalah Vinicus yaitu gabungan kucing, monyet, dan burung yang merupakan satwa liar Brasil yang melambangkan kelincahan, kegesitan, dan keanggunan.

Pengertian maskot adalah lambang yang digunakan dalam sebuah perhelatan olahraga sebagai pembawa keberuntungan dan keselamatan serta menyemarakkan perhelatan tersebut. Lambang pada maskot dapat berupa orang, binatang, atau benda-benda lain yang dianggap dapat merepresentasikan nilai-nilai yang diusung dalam perhelatan tersebut sehingga setiap maskot memiliki makna tersendiri. Kata lain dari maskot atau sinonim maskot adalah simbol.

Adapula istilah maskot karnaval. Pengertian maskot karnaval adalah maskot yang digunakan selama pawai tertentu misalnya pawai 17 Agustus dsb.

Selain itu pada zaman sekarang maskot juga dimanfaatkan sebagai alat untuk mempromosikan kegiatan yang sedang diusung. Setiap menjelang perhelatan olahraga dan selama perhelatan tersebut berlangsung maskot yang digunakan muncul dimana-mana baik iklan di televisi, poster, atau merchandise lainnya.

Selain maskot ada pula istilah jingle yang sering kita dengar dalam iklan baik iklan di televisi maupun di radio. Istilah ini berasal dari bahasa inggris yang artinya bunyi atau sajak. Pengertian jingle adalah sajak, bunyi, atau musik dalam sebuah iklan produk yang liriknya berisi merek produk dan slogannya yang diulang-ulang. Contohnya jingle dalam iklan mie instan, kopi, dan lain sebagainya.

Jingle yang digunakan dalam sebuah iklan berfungsi sebagai alat pengingat bagi orang-orang terhadap nama atau slogan sebuah produk. Biasanya diperuntukkan bagi produk yang baru dirilis sehingga membuat orang cepat mengingat nama produk tersebut. A

gar mudah diingat sebuah jingle harus dibuat semenarik mungkin. Misalnya musik yang mengiringi jingle sebaiknya disesuaikan dengan produk yang diusung. Selain itu musiknya juga harus enak didengar sehingga masyarakat senang mendengarnya. Kemudian liriknya sederhana dan singkat saja akan tetapi menarik sehingga mudah diingat oleh masyarakat.

Sebuah jingle tidak mesti merupakan karya pembuat iklan. Jingle juga dapat dibuat oleh konsumen melalui ajang perlombaan yang diadakan pemilik produk. Jingle yang memenangkan lomba akan diberi hadiah dan dijadikan jingle resmi produk tersebut. Hal ini tentu saja meringankan kerja pemilik produk serta sebagai media promosi jingle tersebut.


Nah itulah penjelasan singkat tentang pengertian maskot dan jingle. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian jingle iklan & pengertian maskot dalam seni secara umum ya ! Baca juga pengertian mancanegara 🙂