PENGERTIAN MASYARAKAT SUBURBAN


  • Pengertian masyarakat sub urban itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan suburban area ?
  • Apa itu suburban ? Apa arti kata suburban ?
  • Apa ciri masyarakat sub urban ?

Pengertian Masyarakat Suburban


Pengertian Suburban Menurut Para Ahli :

Pernah mendengar istilah commuter? Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, commuter atau penglaju artinya orang yang pulang dan pergi setiap harinya untuk bekerja mencari nafkah. Commuter merupakan sebutan yang digunakan untuk masyarakat suburban.

Lalu, apa itu suburban? Merupakan gabungan kata sub dan urban, pengertian suburban adalah suatu daerah perumahan yang terletak di pinggiran kota, tidak jauh dari pusat kota. Munculnya daerah ini salah satunya karena pemekaran kota, yaitu dengan bertambahnya jaringan jalan-jalan baru sehingga menyebabkan perluasan lahan.

Pengertian masyarakat sub urban adalah masyarakat yang mempunyai rumah dan tinggal di pinggiran kota (bukan kota besar) namun mereka mencari nafkah di wilayah kota besar.

Pengertian suburban area adalah area di mana para commuter tinggal. Karakteristik wilayah atau ciri ciri wilayah suburban ini merupakan percampuran desa dan kota. Beberapa daerah akan menunjukkan bentuk kota, tapi di sisi lain menunjukkan ciri khas pedesaan. Ini karena awalnya area ini juga merupakan wilayah pedesaan yang mengalami proses transisi menjadi daerah perkotaan.

Masyarakat suburban semakin bertambah seiring semakin terbatas dan mahalnya harga lahan pada pusat kota. Mereka lalu membangun rumah atau industri yang kemudian tinggal di kawasan suburban tersebut. Proses yang kemudian disebut suburbanisasi ini merupakan suatu proses perubahan yang wajar dalam upaya meningkatkan kesejahteraan penduduk atau masyarakat.

Meski hasilnya tidak signifikan, namun hal ini berdampak postif bagi kota utama yaitu dapat membantu pengendalian jumlah penduduk. Sedangkan bagi wilayah suburban sendiri adalah sangat menunjang untuk mempercepat perkembangan wilayah.

Masyarakat suburban yang memiliki kemampuan kontributif dapat menjadi penyangga bagi kehidupan kota induk, namun sebaliknya masyarakat suburban hanya akan menjadi beban apabila tidak memiliki kemampuan kontributif ini.

Yang sangat mencolok dari kehidupan masyarakat suburban adalah nyaris kosongnya daerah perumahan ini pada siang hari, karena sebagian besar orang-orangnya bekerja di kota. Meski demikian ada juga sebagian penduduk yang bekerja di bidang pertanian.

Contoh daerah suburban adalah Depok dengan jumlah penduduk yang padat sehingga sering menyebabkan kemacetan di jalan daerah Depok. Merupakan commuter di kota Jakarta, masyarakat Depok memiliki beragam jenis pekerjaan dan kualitas tempat tinggal yang berbeda tergantung hasil pendapatan dari jenis pekerjaan yang dimiliki.


Itulah penjelasan singkat mengenai arti suburban. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian masyarakat suburban secara umum ya ! Baca juga pengertian anomali dan contohnya 🙂