PENGERTIAN MEDIS DAN NON MEDIS


  • Pengertian medis dan non medis itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan medis dan non medis ?
  • Apa itu medis dan non medis ? Apa arti medis dan non medis ?
  • Apa pengertian pelayanan penunjang medis dan non medis ?
  • Apa pengertian limbah medis dan non medis ?

Pengertian Medis dan Non Medis


Pengertian Medis dan Non Medis Menurut Para Ahli :

Jika teman-teman pernah melamar pekerjaan ke rumah sakit maka akan ada pilihan posisi apa yang akan dilamar. Biasanya ada dua jenis posisi pekerjaan di rumah sakit yaitu tenaga medis dan non medis. Tenaga medis merupakan karyawan rumah sakit yang bekerja di bidang medis atau kedokteran seperti dokter, perawat, dan posisi-posisi lain yang berhubungan dengan pelayanan pengobatan kepada pasien. Sementara tenaga non medis merupakan karyawan rumah sakit yang mengurusi hal-hal administrasi dan operasional rumah sakit seperti staf administrasi, staf keuangan, tenaga kebersihan, tenaga keamanan dan lain sebagainya.

Tidak hanya istilah tenaga medis, masih ada istilah-istilah lain yang menggunakan kata medis dan non medis seperti penyakit medis dan penyakit non medis, pengobatan medis dan pengobatan non medis, dan lain sebagainya. Apa sebenarnya maksud medis dan non medis ini?

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pengertian medis adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan bidang kedokteran, sebaliknya pengertian non medis adalah segala sesuatu di luar atau tidak berhubungan dengan bidang kedokteran. Dalam dunia kedokteran lawan kata dari medis adalah klenik.

Penyakit-penyakit seperti flu, batuk, malaria, tumor, kanker, serta penyakit-penyakit lain yang umum dikenal disebut dengan penyakit medis atau penyakit yang dapat didiagnosa dan dijelaskan secara medis sehingga dapat dicari pengobatannya secara pasti. Walaupun ada pula jenis penyakit medis yang belum ditemukan obatnya karena pengetahuan manusia yang belum mampu menemukannya.

Ada pula penyakit-penyakit yang timbul pada tubuh seseorang akan tetapi tidak dapat didiagnosa dan dijelaskan secara medis yang disebut penyakit non medis. Misalnya seseorang yang mengeluh sakit perut sementara menurut dokter keadaan perutnya baik-baik saja, atau seseorang yang mengalami kesurupan sehingga tubuhnya kejang-kejang.

Ada penyakitnya tentu ada pula pengobatannya. Penyakit medis tentu diobati dengan pengobatan medis. Pengertian pengobatan medis adalah pengobatan yang dilakukan sesuai dengan ilmu kesehatan seperti minum obat, terapi, latihan fisik, dan lain-lain. Sementara penyakit non medis biasanya ditanggulangi melalui pengobatan non medis.

Pengertian pengobatan non medis adalah metode pengobatan di luar ilmu kesehatan dan tidak dapat dijelaskan secara medis seperti pengobatan oleh dukun dengan ramuan beserta jampi-jampi.

Di dunia medis kita juga mengenal istilah limbah medis dan non medis atau yang lebih dikenal dengan sampah medis dan non medis.

Pengertian sampah medis adalah sampah hasil buangan dari suatu kegiatan medis yang harus sesegera mungkin diolah. Contoh sampah medis atau limbah medis adalah jarum hipodermik,  pecahan gelas, obat-obat kadaluwarsa, pipet pasteur, perlengkapan intravena, pisau bedah dsb.

Pengertian sampah non medis adalah sampah hasil buangan dari kantor administrasi, unit pelayanan, sampah dari ruang pasien dsb yang tidak berkaitan dengan kegiatan medis. Contoh sampah non medis adalah kertas, karton, botol, kaleng, sisa makanan/bahan makanan, sisa pembungkus, sampah dapur dsb.

Di rumah sakit kita juga mengenal istilah pelayanan penunjang medis dan non medis.

Pengertian pelayanan penunjang medis adalah pelayanan yang bersifat penunjang pelayanan medis yang berfungsi agar pengobatan dan perawatan yang diberikan lebih maksimal. Contoh pelayanan penunjang medis adalah visum, transfusi darah, laboratorium, fisioterapi dsb.

Pengertian pelayanan penunjang non medis adalah adalah pelayanan dan fasilitas rumah sakit yang sifatnya tidak langsung namun masih sedikit berhubungan dalam menyembuhkan pasien. Contoh pelayanan penunjan non medis adalah pelayanan antar jemput mobil ambulance, pengantaran jenazah, pengolahan sampah rumah sakit dsb.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian medis dan non medis. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian pengobatan medis dan non medis secara umum ya ! Baca juga pengertian maskot dan jingle 🙂