PENGERTIAN MEKANISASI


  • Pengertian mekanisasi pertanian itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan mekanisasi ?
  • Apa itu mekanisasi / arti kata mekanisasi ?

Pengertian Mekanisasi


Pengertian Mekanisasi Menurut Para Ahli :

Pengertian mekanisasi adalah sebuah proses penggantian dan penggunaan berbagai macam mesin serta beragam sarana teknik yang ditujukan untuk menjadi alat pengganti bagi tenaga manusia maupun hewan.

Dalam dunia industri, pengertian mekanisasi produksi adalah penggunaan mesin dan alat berat untuk menghasilkan barang. Pada umumnya proses mekanisasi banyak dilakukan di negara-negara yang sedang berkembang, hal ini ditujukan untuk mendongkrak pembangunan yang sedang berlangsung di negara tersebut, di mana segala aspek yang terkait di dalam pembangunan tersebut akan membutuhkan banyak sekali energi di dalam pelaksanaannya.

Di Indonesia sendiri, proses mekanisasi telah dimulai sejak lama dan menjadi kunci penting di dalam perkembangan negara kita menuju sebuah negara maju. Salah satu mekanisasi yang berperan penting di dalam pembangunan di Indonesia adalah mekanisasi pertanian, di mana hal ini membuat kita dapat menjadi sebuah negara agraris.

Pengertian mekanisasi pertanian adalah sebuah wujud dari pengaplikasian berbagai macam prinsip ilmu dan teknologi di bidang pertanian yang dilakukan dalam bentuk pengelolaan, pengendalian dan pemrosesan di dalam sektor pertanian itu sendiri.

Di dalam pelaksanaannya, mekanisasi ini akan melibatkan penggunaan berbagai macam mesin secara keseluruhan atupun sebagian bidang, dengan tujuan menggantikan tenaga manusia dan hewan.

Mekanisasi di dalam bidang pertanian tidaklah hanya mengacu kepada penggunaan traktor dan berbagai macam alat bermotor lainnya, namun hal ini juga terkait dengan keseluruhan alat yang digunakan untuk membantu dan menunjang terlaksananya berbagai macam kegiatan di dalam pertanian itu sendiri.

Tujuan mekanisasi pertanian adalah:

  • Mengelola dan memaksimalkan hasil produksi di dalam sektor pertanian itu sendiri.
  • Mencapai target yang telah dicanangkan di dalam pertanian, hal ini menyangkut hasil panen dan pengendalian hasil setelah panen.
  • Memaksimalkan fungsi lahan pertanian, di mana akan banyak waktu pengelolaan tanah paska panen yang bisa dihemat dan kemudian digunakan sebagai masa tanam produktif pada lahan pertanian.
  • Menghindari terjadinya gagal panen yang diakibatkan oleh kurangnya jumlah tenaga kerja yang dimiliki oleh sektor pertanian, maka di dalam hal ini penggunaan alat-alat pertanian modern dapat membantu dan mengurangi resiko tersebut.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian mekanisasi pertanian dan contohnya ya ! Baca juga pengertian bundling 🙂