PENGERTIAN MEMBABAT


  • Pengertian membabat itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan membabat ?
  • Apa itu membabat ? Apa arti kata membabat ?

Pengertian Membabat


Pengertian Membabat Menurut Para Ahli :

Pengertian membabat adalah menebas, merambah, atau menebang habis pepohonan, semak, rumput, atau tanaman lainnya. Contohnya : Pak Budi membabat tumbuh tumbuhan yang berada di pekarangan rumahnya.

Dalam makna kiasan arti membabat adalah menghabiskan sesuatu. Contohnya kalimat : Ani membabat habis semua makanan di meja, kalimat ini berarti Ani menghabiskan semua makanan yang ada di meja.

Dalam bidang olahraga definisi membabat adalah mengalahkan semua lawan dalam sebuah perlombaan. Misalnya kalimat : Andi membabat semua pesaing dari negara lain dalam kejuaraan tahun ini, kalimat ini berarti Andi mampu mengalahkan semua peserta pada kejuaraan tersebut.

Dalam bahasa Indonesia kata membabat berasal dari kata dasar babat. Kata babat sendiri  dalam kamus besar bahasa Indonesia memiliki beberapa makna. Pertama kata babat seperti yang kita kenal pada umumnya yang artinya tebas atau tebang. Ada beberapa jenis kata berimbuhan yang dapat dibentuk dari kata babat ini yaitu membabat, membabati, membabatkan, pembabat, dan pembabatan.

Kata pembabat berarti orang atau alat yang digunakan untuk melakukan aktivitas membabat. Misalnya kalimat : Mesin ini adalah mesin pembabat pohon buatan Jerman. Kemudian ada kata pembabatan yang berarti proses, cara, atau perbuatan membabat itu sendiri. Misalnya kalimat : Pembabatan hutan ini berlangsung lancar tanpa hambatan berarti.

Pengertian kata babat yang kedua adalah sesuatu atau golongan yang sejenis, sama keadaannya, seimbang, atau setara. Bisa juga disebut jodoh atau pasangan. Bentuk kata berimbuhan dari kata dasar ini adalah kata sebabat yang artinya sejenis, sama rupanya, atau sama golongannya.

Arti kata babat yang ketiga adalah sebutan untuk organ tubuh pada binatang yaitu bagian perut besar pada binatang memamah biak seperti kerbau dan lembu. Bagian tubuh ini biasanya diolah menjadi masakan yang dikenal dengan soto babat dimana bagian perut besar kerbau atau lembu menjadi bahan utamanya.

Dan terakhir kata membabat yang berasal dari bahasa Minang yang artinya membebat yaitu membalut atau mengikat sesuatu dengan perban, kain, atau yang lainnya. Misalnya kalimat : Perawat membebat luka prajurit korban perang dengan sigap.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian membabat dan contohnya. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian membabat secara umum ya ! Baca juga pengertian medis dan non medis 🙂