PENGERTIAN MORFOLOGI DALAM BIOLOGI


  • Pengertian morfologi dalam biologi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan morfologi tumbuhan ?
  • Apa itu morfologi ? Apa arti kata morfologi?
  • Apa pengertian morfologi dan contohnya ?

Pengertian Morfologi Dalam Biologi


Pengertian Morfologi Menurut Para Ahli :

Pengertian morfologi adalah sebuah cabang di dalam ilmu biologi yang secara khusus mempelajari tentang bentuk struktur / bentuk luar dari sebuah organisme, terutama pada hewan dan tumbuhan.

Pengertian morfologi dalam biologi adalah studi biologis mengenai bentuk dan struktur makhluk hidup baik itu  struktur eksternal dan internal organisme. Dengan demikian, morfologi dapat dibagi menjadi dua cabang yang berbeda yaitu anatomi dan eidonomi.

Sebagaimana dikatakan di atas, morfologi tentu saja akan sangat erat kaitannya dengan pengklasifikasian yang terjadi terhadap makhluk hidup, di mana hal ini akan dilakukan dengan cara melihat berbagai macam persamaan ciri yang terdapat di dalam makluk hidup itu sendiri. Salah satu bidang morfologi yang banyak diteliti adalah morfologi pada tumbuhan yang mempelajari mengenai struktur dan bentuk dari suatu tumbuhan. Sebuah pengidentifikasian terhadap suatu makhluk dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mengenali struktur makhluk tersebut secara jelas dan detail.

Di bawah ini adalah contoh morfologi tumbuhan yang dapat membantu mempermudah pemahaman konsep morfologi itu sendiri, di mana tumbuhan akan di klasifikssikan bagian-bagian dasarnya :

  • Batang Tumbuhan

Batang tumbuhan akan dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

1.Batang yang basah yang memiliki ciri lunak dan berair seperti tanaman kangkung, sawi, selada dan yang lainnya.

2.Batang tanaman yang terdiri dari batang kayu yang memiliki jaringan kambium dan sel sklerenkim di dalam tubuhnya, di mana jaringan ini akan berperan sebagai jaringan kayu.

3.Selanjutnya adalah batang rumput yang memiliki ciri batang bulat berongga dan pada umumnya memiliki ruas dan buku terlihat dengan jelas dan memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang.

  • Akar Tumbuhan

Sebagaimana kita ketahui, akar tumbuhan merupakan bagian yang sangat penting bagi tumbuhan itu sendiri karena berfungsi untuk menyerap zat-zat dan unsur hara yang terdapat dalam tanah sebagai sumber makanannya, menyimpan cadangan makanan, mengangkut zat-zat seperti air untuk kemudian ditransportasikan ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Selain itu akar juga berfungsi sebagai pengokoh tumbuhan agar bisa berdiri tegak kuat dan tidak gampang roboh / tercabut dari dalam tanah.

  • Daun

Daun adalah bagian tumbuhan di mana akan berlangsung fungsi utama dari tumbuhan yang sesungguhnya sebagai penghasil oksigen yang berasal dari sistem fotosintesis


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian morfologi tumbuhan (definisi morfologi dalam biologi). Semoga teman-teman bisa memahami pengertian morfologi dalam biologi secara umum ya ! Baca juga pengertian antropogeografi 🙂