PENGERTIAN MUMAYYIZ DALAM ISLAM


  • Pengertian mumayyiz dalam islam itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan mumayyiz ?
  • Apa itu mumayyiz ? Apa artinya mumayyiz ?
  • Apa pengertian anak mumayyiz ?

Pengertian Mumayyiz Dalam Islam


Pengertian Mumayyiz Dalam Islam Menurut Para Ahli :

Pengertian mumayyiz dalam Islam adalah anak yang sudah mencapai usia sekitar 7 tahun dan telah dapat membedakan hal yang bermanfaat untuknya dengan hal yang bisa saja membahayakan dirinya. Pendek kata, arti mumayyiz dalam Islam adalah sebutan untuk anak yang telah mampu melakukan beberapa hal secara mandiri, seperti: makan dan minum sendiri, mandi sendiri dan berbagai macam aktifitas ringan lainnya.

Pada usia ini seorang anak telah memiliki kemampuan berpikir dan menggali sebuah informasi di dalam otaknya. Menurut banyak Ulama, umur yang ditentukan dalam fase ini adalah sejak 7 tahun dan akan berakhir pada usia masa baligh.

Pada usia mumayyiz, seorang anak sudah diperbolehkan melakukan beberapa tindakan yang berhubungan dengan orang lain, namun meski begitu, tindakan-tindakanyang dilakukannya tersebut masih tetap dibatasi dan dalam pengawasan dari orangtua ataupun orang yang telah dewasa. Hal ini diberlakukan bagi anak di usia mumayyiz karena pada usia tersebut seorang anak masih dalam masa perkambangan, di mana perkembangan fisik dan otaknya belum mencapai tahap yang sempurna. Kelak saat seorang anak telah mencapai perkembangan yang sempurna dan memasuki usia baligh, maka anak tersebut akan diperkenankan melakukan berbagai hal secara mandiri.

Berdasarkan uraian di atas, maka bisa kita simpulkan bahwa arti kata mumayyiz dalam Islam mengacu pada seorang anak yang memiliki poin-poin berikut :

  • Pertumbuhan fisik dan otak seorang mumayyiz sudah mulai memasuki tahap sempurna, namun hal tersebut belum berada di dalam kondisi yang benar-benar sempurna.
  • Seorang anak dalam usia mumayyiz belum mengalami perubahan fisik seperti ihtilam dan haidh, karena pada umumnya hal tersebut akan dialami oleh seorang anak berusia baligh.
  • Batasan umur seorang mumayyiz adalah 7 tahun hingga menjelang masa baligh (15 tahun).
  • Tashorruf yang dilakukan oleh mumayyiz masih dibatasi dan harus selalu dilakukan di bawah pengawasan orang tua atau orang dewasa lainnya.
  • Seorang anak yang mumayyiz baru dianjurkan untuk melaksanakan ibadah, di mana hal tersebut belum diwajibkan untuknya.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian mumayyiz dalam Islam ya ! Baca juga pengertian amsyong 🙂