PENGERTIAN NIMFA PUPA DAN IMAGO


  • Pengertian nimfa pupa dan imago itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan nimfa dan imago ?
  • Apa pengertian nimfa dalam metamorfosis ?
  • Apa itu nimfa dalam biologi?

Pengertian Nimfa Pupa dan Imago


Pengertian Nimfa Pupa dan Imago Menurut Para Ahli :

Nimfa, pupa dan imago adalah rangkaian fase yang terdapat di dalam proses metamorfosis binatang / serangga. Ketiga tahap ini akan sangat berhubungan antara satu dengan yang lainnya, namun pada beberapa jenis serangga tertentu, ada yang mengalami metamorfosis yang tidak sempurna, sehingga hanya melalui dua dari tiga tahap yang ada di dalam metamorfosis sempurna.

Pengertian nimfa adalah tahapan kedua yang dialami di dalam metamorfosis yang sempurna, tahap ini terjadi setelah telur, di mana terjadi perubahan bentuk embrio yang tadinya berbentuk telur kemudian mengalami proses metomorfosis menjadi seekor nimfa atau lazim kita sebut dengan larva. Pada fase ini waktu yang dibutuhkan akan berbeda antara satu jenis binatang dengan yang lainnya, pada umumnya serangga seperti lalat dan kepik akan membutuhkan proses selama kurang lebih 2 minggu.

Pengertian pupa adalah tahapan selanjutnya yang dialami setelah nimfa, di mana binatang / serangga tersebut akan menjadi kepompong dan biasanya disebut sebagai masa transisi karena tahap ini menjadi fase pembatas antara larva dengan serangga dewasa. Tahap ini juga memiliki rentang waktu yang berbeda-beda antara satu hewan dengan hewan lainnya, rata-rata seekor serangga seperti lalat dan kepik akan membutuhkan masa pupa selama 1-2 minggu saja hingga akhirnya berubah menjadi seekor serangga dewasa.

Pupa hanya terjadi di dalam sebuah metamorfosis yang sempurna dan tidak dialami oleh binatang yang menjalani sebuah metamorfosis yang tidak sempurna.

  • Contoh binatang yang mengalami metamorfosis sempurna adalah katak, kupu-kupu, nyamuk, lalat, tawon, undur-undur, lalat gergaji, kalajengking terbang.
  • Contoh binatang yang mengalami metamorfosis yang tidak sempurna adalah belalang, kecoa, capung, tenggoret, serangga sisik, jangkrik, rayap.

Pengertian imago adalah proses akhir yang dialami oleh seekor binatang / serangga di dalam sebuah metamorfosis. Imago merupakan tahap dewasa dari seekor binatang, di mana dalam fase ini binatang tersebut telah memiliki alat reproduksi yang sempurna dan telah siap untik melakukan sebuah proses perkawinan. Setelah fase imago pada binatang / serangga, maka siklus hidup mereka akan kembali berulang dari fase awal.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian nimfa pupa dan imago ya ! Baca juga pengertian anjungan 🙂