PENGERTIAN OLAHRAGA MENURUT PARA AHLI


 Apa yang dimaksud dengan olahraga ? Apa itu olahraga ? Apa arti kata olahraga ? Apa definisi olahraga ?


Pengertian Olahraga


Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli :

Definisi olahraga adalah aktivitas fisik yang diatur oleh seperangkat aturan atau kebiasaan dan sering dijadikan ajang kompetisi.

Arti olahraga adalah suatu kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik dan skill yang diatur oleh seperangkat aturan atau kebiasaan.

Pendek kata, pengertian olahraga adalah suatu bentuk gerakan atau aktivitas terencana dan terstruktur yang dilakukan dalam bentuk fisik maupun psikis demi meningkatkan kualitas kesehatan maupun kebugaran tubuh dari seseorang.

Tujuan utama dari olahraga adalah untuk menambah kualitas kesehatan dengan didapatkannya beberapa perubahan positif seperti di bawah ini:

  1. Bertambahnya daya tahan tubuh.
  2. Kekuatan tenaga dan otot mengalami perubahan positif.
  3. Menjaga keseimbangan emosional dan fungsi organ-organ tubuh dapat bekerja dengan maksimal.
  4. Daya pikir lebih cemerlang dan imajinatif.
  5. Kreatifitas dan minat lebih terarah.
  6. Bentuk tubuh lebih indah dan tampak menarik.
  7. Menambah kebugaran dan kemampuan untuk beraktifitas dalam waktu lama.
  8. Menambah konsentrasi kerja dan kemampuan berpikir yang lebih tajam.

Ada berbagai macam cabang olahraga yang sangat populer dan memiliki institusi resmi serta turnamen yang rutin digelar secara resmi. Beberapa di antaranya seperti: Sepak bola, bulutangkis, tinju, bola basket dan yang lainnya.

Berdasarkan tujuan dan manfaatnya, olahraga dapat dibedakan menjadi beberapa bagian di bawah ini:

  1. Olahraga kesehatan. Ini merupakan olahraga yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah / mempertahankan kesehatan dan daya tubuh seseorang. Beberapa jenis yang populer adalah: Bersepeda, senam, jogging, yoga.
  2. Olahraga pengobatan. Olahraga ini dikhususkan untuk penyembuhan ataupun pemulihan terhadap penyakit atau kelainan yang terjadi pada seseorang, contohnya seperti: Gangguan akibat bergesernya posisi tulang akibat cedera / kecelakaan.
  3. Olahraga profesional. Olahraga yang digeluti seseorang atau yang kita sebut atlit sebagai sebuah profesi utama yang menghasilkan uang. Contohnya: Sepak bola, bulu tangkis, basket dan yang lainnya.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian olahraga secara umum ya ! Baca juga pengertian dampak 🙂