PENGERTIAN ORNITOLOGI DALAM BIOLOGI


  • Pengertian ornitologi dalam biologi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan ornitologi ?
  • Apa itu ornitologi ? Apa arti dari ornitologi ?
  • Apa pengertian ornitologi / definisi ornitologi dalam biologi ?

Pengertian Ornitologi Dalam Biologi


Pengertian Ornitologi Menurut Para Ahli :

Pengertian ornitologi adalah cabang dalam ilmu biologi yang secara khusus mempelajari mengenai burung, di mana ilmu ini mencakup beberapa hal seperti: deskripsi, klasifikasi, penyebaran dan mengenai kehidupan burung itu sendiri.

Di luar negeri para ahli ornitologi (ornithologist) seringkali disebut dengan panggilan bird watcher. Pengertian ornithologist adalah pakar zoologi yang memfokuskan kepada hewan burung.

Dapat disimpulkan bahwa pengertian ornitologi dalam cabang biologi adalah ilmu yang mempelajari ilmu tentang burung yang mengkaji setiap aspek burung, termasuk kicauan burung, pola penerbangan, penampilan fisik, dan pola migrasi burung.

Di dalam prakteknya, beberapa aspek yang terdapat di dalam ornitologi bisa saja berbeda dengan yang ilmu yang berhubungan erat dengan ilmu kedisiplinannya, di mana hal ini akan dikaitkan dengan kemampuan penglihatan yang tinggi dan pendekatan burung-burung secara estetis pada umumnya. Beberapa penelitian pada umumnya akan menjadi tingkat lapangan pembelajaran dan pengetahuan yang dikerjakan dan diperoleh oleh sukarelawan amatir yang bekerja dalam parameter metodologi ilmiah.

Dalam sejarah perkembangan makhluk hidup, bisa dikatakan bahwa ilmu burung telah memiliki sejarah yang sangat panjang di mana hal tersebut telah banyak membantu untuk mengembangkan beberapa konsep kunci dalam evolusi, perilaku dan ekologi yang terjadi di dalam dunia kita. Kontribusi ornitologi untuk ilmu pengetahuan awal pada prinsipnya sangat berhubungan erat dengan deskripsi dan distribusi spesies, di mana ornitolog digunakan untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang sangat spesifik mengenai perkembangan makhluk hidup.

Para peneliti sering menggunakan burung sebagai model untuk menguji hipotesis atau prediksi yang dilakukan berdasarkan teori. Teori biologis modern akan berlaku di seluruh kelompok taksonomi dan sejumlah ilmuwan profesional yang menyatakan diri mereka sebagai seorang “Ahli Ornitologi”, di mana dalam penelitiannya mereka menggunakan berbagai macam alat dan teknik yang digunakan dalam ilmu burung, baik itu di dalam laboratorium dan di luar di laboratorium / alam liar. Sebuah studi mengenai perilaku bermigrasi yang biasa dimiliki oleh burung, telah berusaha untuk menjawab pertanyaan tentang orientasi, evolusi migrasi, dan navigasi yang banyak dilakukan oleh burung di beberapa belahan dunia.

Pertumbuhan genetika dan munculnya biologi molekuler menyebabkan penerapan sistem molekuler yang berpusat pada evolusi digunakan untuk menjelaskan fenomena burung di dalam kehidupan. Alat-alat baru dari biologi molekuler digunakan untuk mengubah studi sistematika burung yang pada periode tertentu akan mengalami perubahan.


Itulah penjelasan pengertian tentang ornitologi. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian ornitologi dalam biologi secara umum ya ! Baca juga pengertian masyarakat suburban 🙂