PENGERTIAN PAGELARAN DAN PAMERAN


  • Pengertian pagelaran dan pameran itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan pagelaran dan pameran ?
  • Apa itu pagelaran dan pameran ?
  • Apa arti kata pagelaran dan pameran ?
  • Apa perbedaan pagelaran dan pameran ?

Pengertian Pagelaran dan Pameran


Pengertian Pagelaran dan Pameran Menurut Para Ahli :

Pada dasarnya semua manusia menyukai keindahan. Ada keindahan yang sudah ada di alam seperti pemandangan gunung dan lautan, ada pula yang merupakan hasil karya manusia seperti patung, lukisan, tarian, dan lain sebagainya. Untuk dapat menikmati semua keindahan ini biasanya orang akan melakukan perjalanan ke alam terbuka atau menghadiri pagelaran dan pameran yang diadakan oleh pembuat karya seni.

Ada istilah pagelaran dan ada pula istilah pameran. Kedua istilah ini pada dasarnya memiliki makna yang sama yaitu kegiatan yang dilakukan dalam rangka menunjukkan atau menampilkan hasil karya seni seseorang atau sekelompok orang kepada masyarakat umum. Perbedaannya pagelaran ditujukan pada karya seni dinamis sedangkan pameran ditujukan pada karya seni statis.

Pendek kata, pengertian pagelaran adalah pertunjukan karya seni yang sifatnya dinamis seperti tarian, wayang, pagelaran busana, pagelaran musik modern, teater, drama musikal, dan lain sebagainya.

Sementara pengertian pameran adalah pertunjukkan karya seni yang sifatnya statis seperti lukisan, patung, dan lain sebagainya. Istilah pameran juga digunakan untuk barang-barang hasil produksi dengan tujuan mempromosikan barang atau daerah penghasil barang tersebut, contohnya pameran mobil yang baru dirilis, pameran hasil pertanian suatu daerah, dan lain sebagainya.

Baik pagelaran maupun pameran karya seni merupakan bentuk komunikasi antara pencipta karya seni dengan penikmat karya seni. Pencipta karya seni mengaktualisasikan ide-ide di dalam dirinya dalam bentuk karya seni, sementara penikmat karya seni dapat menikmati karya seni tersebut, mengapresiasinya, serta memberikan tanggapan atau penilaian. Keduanya saling membutuhkan.

Karya seni yang sudah dihasilkan membutuhkan penikmat karya seni, begitupula penikmat karya seni membutuhkan karya seni untuk dinikmati. Pencipta karya seni juga dapat menerima masukan-masukan dari para penikmat karyanya.

Untuk dapat menyelenggarakan pagelaran dan pameran diperlukan persiapan yang matang. Perlu dibentuk kepanitian khusus yang bertanggung jawab atas persiapan dan penyelenggaraan kegiatan dari awal sampai akhir. Banyak hal yang harus dipersiapkan seperti lokasi, peserta, kebersihan, keamanan, pengaturan jadwal, dan lain sebagainya.

Pagelaran dan pameran tidak hanya dapat dilaksanakan oleh pencipta karya seni profesional. Siswa sekolah juga dapat melaksanakannya dalam rangka pengembangan bakat siswa, sebagai wadah untuk mengekspresikan diri, serta sarana membentuk kepercayaan diri siswa. Biasanya pagelaran atau pameran yang dilaksanakan oleh siswa sekolah dalam rangka momen tertentu seperti peringatan hari besar nasional dan acara perpisahan.


Nah itulah penjelasan singkat tentang pengertian pagelaran dan pameran. Semoga teman-teman bisa menjelaskan pengertian pergelaran dan pameran serta contoh pagelaran dan pameran secara umum ya ! Baca juga pengertian kreatif dan contohnya 🙂