PENGERTIAN PARIPURNA


  • Pengertian paripurna dpr itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan paripurna ?
  • Apa itu paripurna ? Apa arti kata paripurna ?
  • Apa yang dimaksud dengan sidang paripurna MPR ?

Pengertian Paripurna


Pengertian Paripurna Menurut Para Ahli :

Pengertian paripurna adalah penuh atau lengkap (pengertian paripurna menurut KBBI). Istilah ini tidak berdiri sendiri dan lebih sering digabungkan dengan kata lain membentuk sebuah istilah baru seperti rapat paripurna atau sidang paripurna, manusia paripurna, apel paripurna, konsili paripurna, dan lain sebagainya.

Pengertian rapat paripurna adalah rapat yang dilaksanakan oleh DPR baik DPR RI atau DPRD dimana rapat ini dihadiri oleh seluruh anggota DPR minimal 2/3 dari keseluruhan anggota, dipimpin oleh pimpinan DPR, serta dihadiri oleh minimal 3 orang pimpinan DPR. Rapat ini merupakan forum tertinggi dalam pelaksanaan tugas dan wewenang DPR sehingga selama pelaksanaannya tidak boleh diadakan rapat atau kegiatan lain. Rapat paripurna ini juga wajib diawali dengan mendengarkan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ada pula istilah rapat paripurna luar biasa yang biasanya diadakan pada masa reses. Rapat ini dapat terlaksana jika diusulkan oleh presiden, pimpinan alat kelengkapan DPR, pimpinan fraksi, serta anggota DPR sebanyak minimal 28 orang. Rapat ini baru dapat dilaksanakan setelah disetujui oleh BAMUS (badan musyawarah) atau rapat konsultasi.

Dalam agama islam juga dikenal istilah manusia paripurna. Menurut ustad M. Quraish Syihab, pengertian manusia paripurna adalah manusia yang telah menjalankan tugasnya dengan baik sebagai khalifah di bumi serta melaksanakan perintah-perintah Allah sebagai seorang hamba baik sebagai individu maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Sebelum suatu instansi atau organisasi memulai aktivitas di pagi hari biasanya dilaksanakan apel, sejenis upacara atau pertemuan yang dihadiri anggota instansi untuk mendata kehadiran atau untuk mendengarkan amanat pimpinan. Pengertian apel paripurna adalah apel yang wajib dihadiri atau diikuti oleh seluruh anggota organisasi secara lengkap.

Sebelum suatu pementasan atau pagelaran diadakan biasanya didahului dengan latihan paripurna yaitu latihan-latihan terakhir untuk menyempurnakan keseluruhan pementasan yang akan ditampilkan dan dilakukan seolah-olah latihan tersebut adalah pementasan yang sebenarnya.

Ada pula istilah konsili paripurna yang dikenal dalam lingkungan gereja katolik. Pengertian konsili paripurna adalah musyawarah besar para pemuka gereja katolik setempat dalam majelis gereja yang sama. Konsili ini diadakan berdasarkan konferensi para uskup dan persetujuan takhta apostolik.

Pengertian paripurna kesehatan adalah penyelenggaraan pelayanan kesehatan secara menyeluruh yang meliputi rawat jalan, rawat inap dan gawat darurat.

Pengertian pelayanan paripurna adalah jenjang pelayanan yang lengkap mulai dari awal sampai akhir.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian paripurna dan contohnya. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian paripurna secara umum ya ! Baca juga pengertian parsial 🙂