PENGERTIAN PEKA


  • Pengertian peka dalam cinta itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan peka ?
  • Apa itu peka ? Apa arti kata peka ?
  • Apa pengertian peka terhadap rangsangan ?
  • Apa pengertian peka seni musik ?

Pengertian Peka


Pengertian Peka Menurut Para Ahli :

Pengertian peka adalah sensitif atau mudah terpengaruh dan bereaksi atas suatu rangsangan kondisi tertentu.

Dalam dunia percintaan, kata peka ini banyak sekali digunakan. Arti peka dalam cinta sering dimaknai dengan daya tanggap untuk mengetahui perasaan ataupun maksud yang tersembunyi atas perilaku pasangan kita. Contohnya ada seorang wanita yang berbicara dengan pasangan lelakinya “Yank coba deh lihat anak bayi itu lucu banget ya. Jadi pengen punya dedek bayi nich “. Jika si cowok peka, maka dia tahu maksud tersembunyi dari pacarnya tersebut yaitu ingin segera dilamar dan melangsungkan pernikahan.


Perempuan dianggap lebih peka daripada laki-laki. Mereka dianggap lebih mudah ikut merasakan sesuatu dibandingkan laki-laki. Contohnya saja ketika menonton adegan sebuah film, ketika pemain dalam film tersebut ditimpa kesusahan maka perempuan akan dengan mudahnya ikut merasa sedih dan meneteskan air mata. Hal ini kemungkinan karena perempuan lebih emosional dan lebih menggunakan perasaannya dibandingkan laki-laki.

Istilah peka sering digunakan untuk menyatakan segala sesuatu yang sifatnya mudah merasa atau mudah menerima rangsangan atau pengaruh dari luar. Seperti pada contoh di atas dimana perempuan sangat mudah merasa sedih ketika ada orang di sekitarnya bahkan di dalam film yang sebenarnya hanya sebuah sandiwara ditimpa kesusahan.

Dalam bidang ilmu biologi dikenal juga istilah iritabilitas atau peka terhadap rangsangan yaitu kemampuan makhluk hidup dalam menanggapi rangsangan atau pengaruh yang datang dari luar. Misalnya kita sebagai manusia yang otomatis akan menutup atau menyipitkan mata jika terkena sinar yang sangat terang.

Selain manusia, hewan dan tumbuhan juga peka terhadap rangsangan, contohnya daun tumbuhan putri malu yang peka terhadap sentuhan, jika kita sentuh sedikit saja maka daun-daunnya akan langsung mengatup. Kepekaan terhadap rangsangan dimiliki oleh semua makhluk hidup sebagai cara menanggapi perubahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya untuk mempertahankan hidupnya.

Dalam bidang seni musik kepekaan terhadap nada sangat diperlukan oleh seorang pemusik. Bagaimana seorang pemusik dapat mengenali nada dengan baik sehingga dapat mempelajari, memainkan, bahkan menggubah sebuah lagu.

Ada beberapa cara untuk melatih kepekaan terhadap nada diantaranya dengan sering mendengarkan beragam lagu dari berbagai genre sehingga memperkaya referensi musik. Setelah mendengarkan musik seseorang hendaknya memainkan kembali musik atau lagu yang telah didengar tersebut dengan alat musik yang dikuasai untuk melatih kepekaannya terhadap nada.

Cara yang ketiga untuk melatih kepekaan terhadap nada adalah dengan menyanyikan lagu. Dengan menyanyikan lagu, seseorang belajar mengenali nada dan bernyanyi pada nada yang tepat sehingga lagu terdengar enak. Dan terakhir yang tidak kalah pentingnya untuk melatih kepekaan terhadap nada adalah dengan berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar memberikan kita pemahaman dan keterampilan dalam bermusik.


Nah itulah penjelasan singkat tentang arti kata peka dalam bahasa gaul sehari-hari. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian peka secara umum ya ! Baca juga pengertian kegiatan operasional perusahaan 🙂