PENGERTIAN PELAKU SEJARAH DAN SAKSI SEJARAH


  • Pengertian pelaku sejarah dan saksi sejarah itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan pelaku sejarah ?
  • Apa arti saksi sejarah ? Apa arti pelaku sejarah ?
  • Apa perbedaan antara pelaku dan saksi dalam sumber sejarah ?

Pengertian Pelaku Sejarah dan Saksi Sejarah


Pengertian Pelaku Sejarah dan Saksi Sejarah Menurut Para Ahli :

Pengertian pelaku sejarah adalah seseorang atau beberapa kelompok orang yang terlibat secara langsung (baik itu yang mengalami ataupun sekedar menyaksikan) dalam sebuah peristiwa besar dan penting di dalam sebuah negara.

Pengertian saksi sejarah adalah seseorang ataupun kelompok yang mengenal sosok pelaku sejarah tersebut dengan baik. Contohnya adalah orang-orang terdekat, seperti: keluarga, teman seperjuangan dan para sahabat.

Perbedaan pelaku dan saksi dalam sumber sejarah terletak pada informasi yang diberikan dimana sumber informasi yang paling valid terletak pada pelaku sejarah. Namun dikarenakan pelaku sejarah mayoritas telah hilang, informasi yang sama validnya bisa kita temukan dengan mengumpulkan para saksi-saksi sejarah. Namun terkadang informasi yang oleh para saksi sejarah bisa berbeda-beda. Untuk peristiwa besar, informasi yang harus dikumpulkan dari para saksi sejarah haruslah besar juga, bukan hanya sekedar menggali informasi pada segelintir orang saja.

Yang dimaksud dengan peristiwa besar / penting di dalam sebuah negara adalah peristiwa di mana terjadi sebuah hal yang sangat menarik perhatian umum dan kemudian membawa sebuah dampak besar yang mempengaruhi kehidupan banyak orang / masyarakat luas. Hal ini bisa digambarkan sebagai sebuah kejadian yang selalu dan patut diingat sebagai sebuah pembelajaran, seperti:

  • Masa-masa peperangan dan perjuangan merebut kemerdekaan.

Hal ini tentu saja menjadi sebuah pokok penting di dalam sejarah sebuah bangsa, di mana orang-orang tang menyaksikan atau mengalami masa tersebut bisa dikatakan sebagai seorang pelaku sejarah. Beberapa pelaku sejarah yang sangat dikenal pada masa ini, seperti: Sang Proklamator Indonesia, yakni Soekarno dan Hatta, Jendral Sudirman dan beberapa tokoh penting lainnya.

  • Masa-masa peperangan kerajaan di Indonesia, sebelum era kemerdekaan.

Masa ini juga merupakan salah satu era yang penting bagi bangsa Indonesia, di mana banyak sekali kerajaan-kerajaan (baik itu besar maupun kecil) yang berjuang da berperang antara satu dengan yang lainnya demi merebut kekuasaan dan wilayah kerajaan. Hal ini juga tentu saja melahirkan banyak pelaku sejarah yang berjuang di zaman tersebut, seperti: Gajah Mada dan Pangeran Mangkubumi.

Pelaku sejarah tidaklah harus selalu menjadi seseorang yang bersaksi di depan negara / khalayak umum atas peristiwa sejarah itu sendiri, karena pada umumnya ada banyak sekali pelaku sejarah yang gugur di medan perang dan bahkan ada beberapa yang hilang dan tidak pernah diketemukan hingga saat ini. Namun meskipun demikian, kita tetap bisa mengenal dan mengenang sosok para pelaku sejarah tersebut melalui banyak kisah sejarah yang di ceritakan oleh para saksi sejarah lainnya.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian pelaku sejarah dan saksi sejarah serta perbedaannya ya ! Baca juga pengertian bunga bangsa 🙂