PENGERTIAN PELANCONG


  • Pengertian pelancong itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan pelancong ?
  • Apa itu pelancong ? Apa arti kata pelancong ?

Pengertian Pelancong


Pengertian Pelancong Menurut Para Ahli :

Pengertian pelancong adalah pengunjung sementara yang tinggal hanya satu hari di suatu tempat atau negara yang dikunjunginya dan pengunjung tersebut sama sekali tidak menginap, dan termasuk di dalamnya adalah penumpang kapal pesiar. (Muljadi dan Siti Nurhayati : 2002)

Selama ini kita menyamaratakan istilah wisatawan dengan pelancong sebagai sebutan yang disematkan kepada orang atau sekelompok orang yang mengunjungi suatu daerah untuk tujuan berwisata atau berlibur. Tetapi dalam ilmu kepariwisataan sebenarnya kedua istilah ini memiliki makna yang sedikit berbeda dalam hal lama tinggalnya orang tersebut di tempat yang dikunjungi.

Istilah pelancong atau excursionist digunakan jika orang yang berwisata tinggal selama kurang dari 24 jam di tempat yang dikunjungi. Bisa dikatakan pelancong tidak menginap di daerah yang dikunjungi.

Contohnya banyak orang Indonesia yang berkunjung ke negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura tanpa menginap di negara tersebut. Alasannya karena kedua negara tersebut cukup dekat dengan Indonesia sehingga perjalanan yang ditempuh tidak terlalu lama sehingga setelah berkunjung seharian pelancong dapat langsung pulang ke negara asalnya.

Selain itu karena biaya transportasi yang sudah sangat murah. Apalagi semakin banyaknya maskapai penerbangan yang mempromosikan tiket pesawat dengan harga murah sehingga menarik minat orang melakukan perjalanan. Bahkan jika kita melakukan pemesanan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan kita bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang sangat murah.

Alasan lain orang melakukan pelancongan adalah untuk menghemat biaya perjalanan. Dengan tidak menginap seseorang dapat mengurangi biaya penginapan. Hal ini biasanya disiasati pelancong dengan mengambil perjalanan malam sehingga dapat menginap di atas kendaraan yang ditumpangi.

Contohnya pelancong yang melakukan perjalanan ke beberapa negara di asia tenggara yang saling berbatasan seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Mereka akan mencari tiket perjalanan malam sehingga biaya penginapan dapat dihemat.

Kurangnya waktu yang dimiliki juga menjadi alasan seorang pelancong tidak tinggal lama di daerah yang dikunjungi. Seperti karyawan yang hanya memiliki izin cuti terbatas sehingga jika ia ingin berlibur ke beberapa tempat ia harus pandai-pandai mengatur jadwal perjalanan.

Selain ke luar negeri pelancong juga dapat mengunjungi daerah-daerah di dalam negeri. Apalagi negara kita Indonesia sangat luas dan memiliki keindahan alam yang tidak kalah dari daerah di luar negeri. Selain itu letaknya juga lebih dekat dan tidak membutuhkan paspor sehingga orang tidak harus mengurus paspor terlebih dahulu untuk dapat melakukan perjalanan.


Itulah penjelasan pelancong secara singkat. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian pelancong secara umum ya ! Baca juga pengertian kriteria inklusi dan eksklusi 🙂