PENGERTIAN PEMBOIKOTAN


  • Pengertian pemboikotan itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan pemboikotan ?
  • Apa itu pemboikotan / arti pemboikotan ?
  • Pemboikotan artinya apa sih ?

Pengertian Pemboikotan dan Contohnya


Pengertian Pemboikotan Menurut Para Ahli :

Pengertian pemboikotan adalah perbuatan, proses, cara ataupun kegiatan yang dilakukan sebagai sebuah bentuk persekongkolan penolakan terhadap suatu kerjasama.

Pengertian pemboikotan produk ekspor berarti sebuah bentuk persengkokolan untuk menghadang produk ekspor suatu negara tertentu supaya tidak bisa masuk dan digunakan ke suatu wilayah negara tertentu. Contoh pemboikotan produk ekspor adalah minyak. Boikot berbeda dengan embargo dimana boikot bersifat ilegal dan melanggar HAM.

Tindakan pemboikotan pada umumnya akan dikaitkan dengan berbagai macam hal yang berhubungan dengan kepentingan publik / orang banyak, seperti: masalah perusahaan, partai, ekonomi dan berbagai masalah lainnya. Di dalam melaksanakan sebuah aksi pemboikotan, biasanya akan terdapat seseorang / beberapa orang sekaligus yang menyatakan dirinya sebagai pihak yang bertanggung jawab atas adanya aksi tersebut, di mana orang-orang ini juga akan bertindak sebagai koordinator yang melakukan serangkaian komunikasi terhadap pihak-pihak yang terlibat di dalam sebuah aksi pemboikotan.

Pada dasarnya sebuah pemboikotan akan dilakukan sebagai bentuk protes atau wujud dari ketidakpuasan dari satu pihak kepada pihak lain yang dianggap melakukan tindakan yang tidak seharusnya, di mana hal ini dapat ditunjukkan dalam berbagai macam tindakan penolakan. Di dalam prakteknya, sebuah pemboikotan selalu identik dengan aksi massa atau aksi yang dilakukan secara bersama-sama dan bukan sebagai sebuah aksi individu. Meski bukan sebuah pelanggaran, namun pemboikotan akan cenderung merugikan beberapa pihak yang menjadi “sasaran” dari aksi tersebut, di mana akan banyak pemberitaan negatif dan kurang baik yang beredar di tengah-tengah masyarakat luas dan berpotensi menimbulkan kerugian bagi pihak yang diboikot.

Beberapa contoh di bawah ini adalah bentuk pemboikotan yang dilakukan oleh orang-orang sebagai wujud ketidakpuasan / bentuk protes:

  • Karena maraknya pembalakan hutan dan pembakaran secara tidak bertanggung jawab yang diduga dilakukan oleh beberapa perusahaan sawit terbesar di Sumatera, maka sejumlah orang berencana untuk melakukan pemboikotan terhadap produk-produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Hal ini tentu saja dilakukan sebagai sebuah aksi protes dengan tujuan agar perusahaan tersebut bertanggung jawab dan menghentikan pembakaran hutan.
  • Para pengunjuk rasa melakukan pemboikotan terhadap beberapa ruas jalan utama di ibukota, hal ini dilakukan sebagai bentuk penolakan terhadap kenaikan tarif listrik dan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang rencananya akan mengalami kenaikan di bulan depan.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dan contoh pemboikotan. Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian pemboikotan dan contohnya ya ! Baca juga pengertian kritis dan contohnya 🙂