PENGERTIAN PEMEKARAN DAERAH MENURUT PARA AHLI


 Apa yang dimaksud dengan pemekaran daerah ? Apa itu pemekaran daerah ? Apa arti pemekaran wilayah ? Apa definisi pemekaran daerah ?


Pengertian Pemekaran Daerah


Pengertian Pemekaran Daerah Menurut Para Ahli :

Definisi pemekaran daerah adalah proses memecah sebuah provinsi, kabupaten ataupun kota menjadi dua wilayah teritorial (atau lebih) yang baru.

Arti pemekaran daerah adalah memisahkan suatu bagian wilayah yang merupakan satu kesatuan yang utuh menjadi beberapa bagian yang berdiri sendiri. (Poerwadarminta : 2005).

Pemekaran

Pengertian pemecahan daerah adalah pemecahan daerah kabupaten / kota atau wilayah provinsi untuk menjadi dua atau lebih daerah yang baru (UU Tahun 2014 No.23 Pasal 33 ayat 1)

Pendek kata, pengertian pemekaran daerah adalah proses pembagian atau pemecahan satu wilayah otonom menjadi dua atau lebih wilayah otonom yang baru demi tercapainya tujuan pembangunan.

Pada kenyataannya terdapat beberapa hal yang dapat menjadi pemicu awal terjadinya sebuah pemekaran di suatu wilayah, antara lain:

  • Agama

Tak bisa dipungkiri bahwa agama adalah satu aspek besar yang dapat mempengaruhi lahirnya keinginan memisahkan diri dari sebuah wilayah bahkan negara sekalipun.

  • Keberagaman etnis dan budaya yang berbeda.

Hal ini juga sering menjadi penyebab terjadinya gesekan-gesekan yang kemudian menjadi alasan untuk melakukan pemekaran / pemisahan wilayah.

  • Ketimpangan pertumbuhan ekonomi antar daerah.

Di sini peran sumber daya manusia serta pengelolaan sumber daya alam akan menjadi penyebab terjadinya perbedaan pertumbuhan ekonomi dalam sebuah wilayah dan hal ini dapat memicu kesenjangan sosial yang berakibat timbulnya keinginan memisahkan diri dari wilayah tertentu.

  • Luas wilayah.

Luasnya suatu wilayah dan sulitnya area jangkauan bagi pelayanan publik membuat pelayanan tidak merata, sehingga dianggap perlu untuk melakukan pemekaran.

Beberapa tujuan pemekaran daerah / tujuan beberapa daerah mengajukan usulan pemekaran daerah pada pemerintah pusat antara lain untuk :

  1. Meningkatkan pelayanan pemerintah daerah terhadap masyarakat luas.
  2. Mempercepat pembangunan perekonomian daerah saat ini.
  3. Mencapai pertumbuhan kehidupan perekonomian yang merata.
  4. Memaksimalkan pengelolaan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam daerah.
  5. Meningkatkan keamanan dan ketertiban serta terciptanya kesejahteraan masyarakat.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian pemekaran daerah secara umum ya ! Baca juga pengertian transparansi menurut para ahli 🙂