PENGERTIAN PENGELOLAAN KEUANGAN MENURUT PARA AHLI


 Apa yang dimaksud dengan pengelolaan keuangan ? Apa itu pengelolaan keuangan ? Apa arti kata pengelolaan keuangan ? Apa definisi pengelolaan keuangan ?


Pengertian Pengelolaan Keuangan


Pengertian pengelolaan keuangan menurut para ahli :

Definisi pengelolaan keuangan adalah teknik mengimbangi gaya hidup manusia seperti gaya hidup konsumtif dengan gaya hidup produktif seperti investasi, menabung ataupun bisnis. Tujuan pengelolaan keuangan ini adalah agar kita terhindar dari kondisi lebih banyak hutang daripada pemasukan. (pengelolaan keuangan menurut safir senduk)

Arti pengelolaan keuangan adalah perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian kegiatan keuangan seperti pengadaan dan pemanfaatan dana dari perusahaan yang menerapkan prinsip-prinsip manajemen umum untuk sumber daya keuangan.

Pengelolaan keuangan adalah perencanaan, pengarahan, pemantauan, pengorganisasian, dan pengendalian sumber daya moneter dari sebuah organisasi yang efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengertian pengelolaan keuangan adalah segala bentuk kegiatan administratif yang dilakukan dalam bentuk beberapa tahapan yang meliputi: perencanaan, penyimpanan, penggunaan, pencatatan serta pengawasan yang kemudian diakhiri dengan pertanggungjawaban (pelaporan) terhadap siklus ke luar masuknya dana / uang dalam sebuah instansi (organisasi atau perorangan) pada kurun waktu tertentu.

Dengan dilakukannya setiap tahapan dalam pengelolaan keuangan maka fungsi dasar dan tujuan dari pelaksanaan pengelolaan keuangan dapat dioptimalkan seperti beberapa poin di bawah ini:

  • Mengoptimalkan segala perencanaan kegiatan yang akan dilakukan dalam kurun waktu tertentu.
  • Meminimalisasi terjadinya pembengkakan pengeluaran dana yang tidak diinginkan di kemudian hari dalam pelaksanaan sebuah proyek perencanaan.
  • Mencapai target perencanaan dengan lebih efisien karena adanya ketersediaan dana yang cukup serta telah direncanakan dan dapat dialokasikan dengan maksimal.
  • Menghindari terjadinya penyimpangan terhadap alokasi dana yang ada dengan cara pemisahan tiap-tiap otoritas dalam pengelolaan keuangan. Contohnya: Pemisahan bagian pencatatan keuangan dengan bagian pengawasan keuangan.
  • Memperlancar segala kegiatan yang terjadi di instansi / organisasa karena adanya transparansi terhadap keuangan yang dimiliki.
  • Menciptakan lingkungan kerja yang sehat karena didukung oleh siklus keuangan yang berjalan dengan baik dan terencana.

Bukan hanya sebuah instansi atau organisasi saja yang memerlukan pengelolaan keuangan, pada kenyataannya setiap orang membutuhkan sebuah pengelolaan keuangan yang baik untuk mendukung dan merencanakan setiap tahapan pencapaian yang menjadi tujuan masa depannya, karena itu mulailah melakukan perencanaan keuangan pribadi dari sekarang.


Apa yang dimaksud dengan pengelolaan keuangan daerah ?


Pengertian pengelolaan keuangan daerah menurut para ahli :

Pengertian pengelolaan keuangan daerah adalah pengelolaan keuangan yang bertumpu / berfokus pada kepentingan publik (public oriented). Hal ini tercermin dari besarnya jumlah alokasi anggaran untuk kepentingan publik serta jumlah partisipasi masyarakat yang ikut dalam perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan keuangan daerah. Maka dari itu, pengelolaan daerah diharuskan untuk transparan dan mempunyai akuntanbilitas yang tinggi sehingga tercipta pengelolaan daerah yang efektif dan efisien. (PP RI No. 58 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah)

Pengelolaan keuangan daerah adalah suatu rangkaian kegiatan yang tersusun secara sistematis yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban serta pengawasan terhadap keuangan daerah. (Halim, 2007:330)


Apa yang dimaksud dengan pengelolaan keuangan negara ? Apa tujuan pengelolaan keuangan negara ?


Pengertian pengelolaan keuangan negara menurut para ahli :

Definisi pengelolaan keuangan negara adalah berbagai kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pertanggungjawaban yang dilakukan oleh pejabat pengelola keuangan negara sesuai dengan kedudukan dan kewenangannya. (Badan Pemeriksa Keuangan, Pasal 1 angka 8 UU No 15 2006)

Pengertian pengelolaan keuangan negara serangkaian rencana kegiatan serta pengelolaannya yang bersifat kuantitatif (dengan angka-angka yang dapat diwujudkan dalam jumlah mata uang), yang dilakukan untuk masa mendatang, pada umumnya satu tahun mendatang. (M.Ichwan)

Pengelolaan keuangan negara adalah manajemen keuangan negara (pengelolaan keuangan negara dalam arti luas)

Pengertian pengelolaan keuangan negara dalam arti sempit adalah kegiatan tata usaha dan administrasi keuangan negara. Tujuan pengelolaan keuangan negara adalah untuk meningkatkan daya saing perekonomian nasional dan membantuk menaikkan daya tahan dalam kegiatan ekonomi yang bersifat global (Adrian Sutedi, 2012:120).


Itulah beberapa contoh pengertian pengelolaan keuangan menurut para ahli. Semoga bermanfaat 🙂