PENGERTIAN PENGELOLAAN MENURUT PARA AHLI


Apa yang dimaksud dengan pengelolaan ? Apa itu pengelolaan ? Apa arti kata pengelolaan ? Apa definisi pengelolaan ?


Pengertian Pengelolaan Menurut Para Ahli

Pengertian pengelolaan menurut para ahli dan tahunnya :


Definisi pengelolaan adalah kegiatan pemanfaatan dan pengendalian atas semua sumber daya yang diperlukan untuk mencapai ataupun menyelesaikan tujuan tertentu (Prajudi Atmosudirdjo, 1982)

Arti pengelolaan adalah soft skill / keterampilan untuk mencapai suatu hasil tertentu dengan menggunakan tenaga / bantuan orang lain. (Sondang P. Siagian, 1997)

Pengertian pengelolaan adalah pemanfaatan sumber daya manusia ataupun sumber daya lainnya yang dapat diwujudkan dalam kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai suatu tujuan tertentu (George R. Terry)

Pengelolaan adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menggunakan tenaga orang lain. (Harold Koontz)

Pengelolaan adalah serangkaian aktivitas-aktivitas koordinasi yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, penempatan serta pengambilan keputusan untuk menghasilkan suatu produk dan jasa yang efektif dan efisien (Andrew F Sikul)

Pengertian pengelolaan adalah serangkaian kegiatan untuk mencapati sasaran-sasaran tertentu dengan menggunakan orang-orang sebagai pelaksanaanya. (Purwanto, 2009)


Apa yang dimaksud dengan pengelolaan pendidikan ? Apa tujuan pengelolaan pendidikan ?

Pengertian pengelolaan pendidikan menurut para ahli :


Definisi pengelolaan pendidikan adalah segala bentuk kegiatan pengaturan dan penataan yang berkaitan dengan peserta didik yang dimulai dari masuk sampai keluarnya peserta didik dari suatu lembaga pendidikan (Hendayat Soetopo & Wasty Soemanto, 1982)

Pengelolaan pendidikan adalah suatu layanan yang berfokus pada pengawasan dan pengaturan peserta didik di luar ataupun di dalam kelas yang meliputi : pendaftaran, pengenalan, pengembangan minat siswa dsb yang dimulai dari masuknya peserta didik sampai mereka lulus (Knezevich)

Fungsi pengelolaan pendidikan ataupun tujuan pengelolaan pendidikan adalah untuk menunjang proses belajar mengajar seperti terciptanya tata tertib dan keteraturan, serta memberikan kontribusi pendidikan yang layak secara keseluruhan (Daryanto, 2010)


Itulah beberapa contoh pengertian pengelolaan menurut para ahli terbaru. Baca juga pengertian pengelolaan keuangan menurut para ahli 🙂