PENGERTIAN PENYULUHAN PERTANIAN MENURUT PARA AHLI


 Apa yang dimaksud dengan penyuluhan pertanian ? Apa itu metode penyuluhan pertanian ? Apa tujuan penyuluhan pertanian secara umum ?


Pengertian Penyuluhan Pertanian


Pengertian Penyuluhan Pertanian Menurut Para Ahli :

Definisi penyuluhan pertanian adalah suatu sistem pendidikan yang berada di luar sekolah yang dikhususkan untuk keluarga tani yang tinggal di pedesaan, tujuannya adalah untuk menambah wawasan pertanian dan memberikan solusi atas masalah-masalah yang sering terjadi di lapangan (Soekandar : 1978)

Arti penyuluhan pertanian adalah suatu sistem pendidikan untuk masyarakat pedesaan yang bersifat non formal yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani dan keluarganya (Abdul : 2001)

Penyuluhan pertanian adalah suatu proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha di sektor pertanian baik itu berupa teknologi, permodalan, informasi pasar dan lain sebagainya yang berguna untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraannya. (UU 2006 Nomor 16)

Pendek kata, pengertian penyuluhan pertanian adalah suatu bentuk upaya yang dilakukan untuk memperbaharui perilaku dan pola pikir para petani dan keluarganya, sehingga mereka mampu mandiri dan memiliki inisiatif serta kemampuan dalam mengembangkan segala bentuk usaha / kegiatan dalam hal pertanian yang akan mendukung perbaikan taraf hidup mereka.

Tujuan dari penyuluhan pertanian dapat dijabarkan menjadi dua, yaitu:

  1. Tujuan jangka pendek yang diharapkan dapat menumbuhkan perubahan-perubahan positif di dalam diri petani dengan adanya peningkatan pengetahuan, kecakapan, kemampuan dan kemandirian yang memberi mereka inisiatif untuk kemajuan usaha / kegiatan pertanian.
  2. Tujuan jangka panjang yang diharapkan mampu untuk memperbaiki taraf hidup para petani dan menambah kesejahteraan hidup mereka.

Ada beberapa unsur yang akan terlibat di dalam penyuluhan pertanian, antara lain:

  • Penyuluh pertanian

Penyuluh pertanian adalah orang yang bertugas untuk memberikan arahan dan dorongan terhadap para petani agar lebih peka dan dapat menerima serta menggunakan teknologi untuk menambah kesejahteraan mereka.

  • Sasaran penyuluhan pertanian

Mereka adalah para petani yang akan diberikan materi penyuluhan.

  • Metode penyuluhan pertanian

Ini adalah tata cara yang digunakan dalam pelaksanaan penyuluhan pertanian, metode ini harus bersifat mendidik dan membimbing agar dapat diterapkan dan mampu mengubah pola pikir peserta penyuluhan.

  • Media penyuluhan pertanian

Ini merupakan suatu alat yang menghubungkan penyuluh pertanian dengan materi penyuluhan dan para peserta penyuluhan.

  • Materi penyuluhan pertanian

Ini adalah materi yang disampaikan pada saat penyuluhan, biasanya berupa ilmu pengetahuan atau teknologi baru di dalam pertanian.

  • Waktu penyuluhan pertanian adalah waktu terselenggaranya penyuluhan.
  • Tempat penyuluhan pertanian adalah tempat diadakannya acara penyuluhan.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian penyuluhan pertanian secara umum ya ! Baca juga pengertian laporan keuangan daerah 🙂