PENGERTIAN PERCEPATAN GRAVITASI


  • Pengertian percepatan gravitasi bumi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan percepatan gravitasi ?
  • Apa itu percepatan gravitasi ?
  • Apa dasar teori percepatan gravitasi ?

Pengertian Percepatan Gravitasi


Pengertian Percepatan Gravitasi Menurut Para Ahli :

Gravitasi adalah sebuah gerakan gaya tarik-menarik yang terjadi di antara dua benda atau beberapa benda sekaligus, yang memiliki massa. Contoh dari gravitasi bisa kita lihat di alam semesta, di mana gravitasi matahari mempengaruhi benda-benda langit yang berada di sekelilingnya, sehingga menyebabkan benda-benda langit tersebut tetap berada dalam lintasan orbit mereka masing-masing (termasuk bumi).

Di dalam ilmu pengetahuan, gravitasi bumi merupakan gravitasi yang paling sering diperhitungkan dan dipelajari karena mempengaruhi dan berhubungan langsung dengan kehidupan manusia. Manfaat yang paling nyata dan dapat dilihat langsung dari gravitasi bumi adalah di mana gravitasi tersebut berperan untuk membantu manusia dan benda-benda di sekitarnya dapat berdiri dengan stabil.

Hukum gravitasi yang dikeluarkan oleh Newton menjadi sebuah tonggak penting dalam menghitung besaran gravitas bumi. Hukum ini menyatakan bahwa: “Setiap benda akan menarik benda lain dengan gaya yang sebanding dengan perkalian massa benda tersebut dan berbanding terbalik dengan jarak kuadrat yang memisahkan dua benda tersebut.

Hukum Newton digambarkan dengan rumusan seperti di bawah ini:

PENGERTIAN PERCEPATAN GRAVITASI

Di man a:

F = gaya tarik antara kedua benda

G = konstanta gravitasi universal

m1 = massa benda 1

m2 = massa benda 2

r = jarak antara kedua benda

Melalui Hukum Gravitasi Newton, maka kita mengenal Hukum II Newton yang merumuskan tentang gerak gravitasi itu sendiri, di mana dikatakan bahwa: “Besarnya percepatan yang dialami oleh sebuah benda akan berbanding lurus dengan gaya total yang bekerja di dalam benda itu sendiri dan akan berbanding terbalik dengan massa benda tersebut.” Dari rumusan ini, maka dapat kita simpulkan bahwa ada sebuah percepatan gravitasi bumi yang terjadi di sana.

Pengertian percepatan gravitasi adalah percepatan gravitasi suatu benda yang terdapat di dalam ruang vakum yang posisinya dekat dengan permukaan bumi.

Rumus percepatan gravitasi bumi adalah sebagai berikut :

pengertian percepatan gravitasi dan contohnya

Di mana:

F = gaya total

G = konstanta gravitasi universal

m = massa benda

a = percepatan yang dialami benda

g = percepatan gravitasi bumi.

Pengertian percepatan gravitasi dalam kehidupan sehari hari berarti percepatan yang diakibatkan oleh gaya tarik bumi yang besarnya 10m/s2 atau 9,8m/s2 atau setara 1G.

Contoh percepatan gravitasi dalam kehidupan sehari hari / contoh aplikasi yang mempergunakan percepatan gravitasi dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

  • Ketika melempar bola ke atas, bola akan jatuh ke tanah dan tidak akan pernah mengambang di udara.
  • Lompat tali. Ketika melakukan lompat tali, tali tidak akan tetap di atas kepala kita di udara
  • Jatuh. Ketika kamu jatuh, gravitasi mendorong kamu ke tanah mengakibatkan memar, goresan, dan luka bakar.
  • Kegiatan terjun payung.
  • Tendangan volley dalam sepakbola dan lemparan bola basket.
  • Bermain ayunan dsb.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian percepatan gravitasi dan contohnya. Semoga artikel pengertian percepatan gravitasi ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Baca juga pengertian keajegan sosial dan contohnya 🙂