PENGERTIAN PERMEABILITAS


  • Pengertian permeabilitas itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan permeabilitas tanah ?
  • Apa itu permeabilitas kapiler ? Apa artinya permeabilitas ?
  • Apa pengertian permeabilitas pembuluh darah ?

Pengertian Permeabilitas


Pengertian Permeabilitas Menurut Para Ahli :

Pengertian permeabilitas adalah kemampuan yang dimiliki oleh suatu zat / membran untuk meloloskan sejumlah partikel yang menembus atau melaluinya.

Permeabilitas yang banyak diteliti adalah permeabilitas pada tanah. Pengertian permeabilitas tanah adalah tingkat kemampuan tanah meloloskan air yang melaluinya. Tanah dengan permeabilitas yang tinggi, mampu meningkatkan laju infiltrasi sehingga menurunkan laju air larian yang terjadi di dalam tanah. Pada penerapannya di dalam ilmu tanah, permeabilitas didefinisikan secara kualitatif sebagai pengurangan cairan-cairan, gas-gas, atau penetrasi akar tanaman yang terjadi di dalam tanah.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang akan mempengaruhi permeabilitas:

  • Tekstur tanah

Tekstur adalah salah satu hal yang akan sangat mempengaruhi permeabilitas tanah, di mana permeabilitas akan terjadi dengan cara melewati tekstur tanah. Sebagai contoh, kita dapat mengamatinya pada tanah yang bertekstur pasir, di mana tanah tersebut akan mudah melewatkan air yang melaluinya.

  • Struktur tanah

Struktur tanah juga akan mempengaruhi permeabilitas karena semakin banyak ruang antar struktur di dalam tanah, maka semakin cepat juga permeabilitas yang terjadi di dalam tanah tersebut. Contohnya, tanah yang berstruktur lempeng akan lebih sulit di tembus oleh air daripada tanah yang berstruktur remah dan tidak padat.

  • Porositas tanah

Porositas atau yang lazim disebut sebagai ruang pori tanah merupakan rongga antar tanah yang biasanya akan terisi oleh air atau udara. Pori tanah akan sangat menentukan sekali dalam permeabilitas tanah, di mana semakin besar pori yang terdapat di dalam tanah tersebut, maka akan semakin cepat pula permeabilitas tanah tersebut berlangsung dan hal ini juga berlaku sebaliknya.

  • Viskositas yang terkandung di dalam air

Viskositas merupakan kekentalan air yang akan mengaliri tanah, di mana semakin kental air yang akan mengali / menembus tanah, maka semakin sulit juga air tersebut untuk menembus tanah tersebut

  • Gravitasi

Gaya gravitasi atau gaya tarik bumi di dalam sebuah wilayah juga akan sangat menentukan permeabilitas tanah, karena permeabilitas merupakan sebuah gaya yang masuk ke dalam tanah mengikuti / sesuai dengan gaya gravitasi bumi.

Dalam biologi kita mengenal permeabilitas membran sel. Pengertian permeabilitas membran sel adalah tingkat pasif difusi molekul yang melalui membran atau tingkat kemampuan suatu zat untuk bisa menembus suatu sel.

Selain itu kita juga mengenai permeabilitas kapiler pembuluh darah.  Pengertian permeabilitas kapiler adalah kemampuan pembuluh darah untuk menahan partikel-partikel pengisinya. Jika permebialitas kapiler meningkat berarti cairan yang berada di dalam pembuluh darah akan keluar yang mengakibatkan proses eksudasi.

Dalam fisika, kita mengenal permeabilitas magnetik. Pengertian permeabilitas magnetik adalah konstanta untuk mengukur derajat magnetisasi sebuah benda jika dipengaruhi suatu medan magnet atau kemampuan suatu bahan tertentu untuk memiliki magnet dalam suatu medan magnet.


Itulah penjelasan singkat tentang contoh definisi permeabilitas. Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian permeabilitas ya ! Baca juga pengertian teknik purposive sampling menurut para ahli 🙂