PENGERTIAN PICISAN


  • Pengertian picisan itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan picisan ?
  • Apa itu makhluk picisan ?
  • Picisan artinya apa ?
  • Apa pengertian roman picisan / arti kata roman picisan ?

Pengertian Picisan


Pengertian picisan Menurut Para Ahli :

Pengertian picisan adalah sesuatu yang memiliki mutu buruk / dibuat dengan kualitas yang rendah.

Pengertian roman picisan adalah kisah percintaan yang buruk, tidak unik dan tidak berkelas karena kisah tersebut sudah banyak yang mengalaminya.

Pengertian novel picisan & pengertian cerita picisan berarti novel dan cerita tersebut sudah basi, tidak mengandung unsur yang baru bagi para pembacanya. Terkadang novel dan cerita jenis ini dibuat ala kadarnya hanya untuk dianggap sebagai penulis yang produktif saja.

Arti makhluk picisan adalah makhluk yang lemah, rendah dan tak berguna. Contoh : Seorang Ksatria sejati tidak akan pernah bisa berubah menjadi seorang makhluk picisan.

Kata picisan telah cukup dikenal oleh sebagian masyarakat, terutama mereka yang sudah berusia dewasa. Namun penggunaan kata ini sangat terbatas dan pada umumnya hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja, seperti para pegiat sastra ataupun para pegiat musik, di mana mereka mengidentifikasi kata picisan sebagai sesuatu yang tidak layak atau tidak bermutu.

Meski tidak begitu populer penggunaannya, namun kata picisan menjadi lebih dikenal melalui istilah atau beberapa lirik lagu yang banyak didengar oleh khalayak ramai, terutama para anak muda, di mana beberapa tahun yang lalu sebuah band lokal besar berhasil menciptakan dan mempopulerkan sebuah lagu dengan judul “roman picisan”. Diakui atau tidak, lagu tersebut memang demikian populer dan membuat kata picisan itu sendiri menjadi sebuah kata yang familiar di telinga para pendengarnya.

Hampir sama dengan dunia musik, dunia sastra juga memegang peranan di dalam menyebarkan / mempopulerkan kata picisan. Di dalam dunia sastra sendiri, kata picisan lebih kepada sebuah penggambaran yang tidak pantas, kurang layak ataupun kurang bernilai sastra. Hal ini digunakan untuk menggambarkan sebuah kisah atau cerita yang pada dasarnya tidak menarik dan jauh dari kata bermutu dan terkesan menjadi sebuah karya yang asal-asalan.

Namun populer atau tidaknya sebuah kata akan tergantung kepada seberapa banyak kata tersebut digunakan dan seberapa banyak orang yang akan mengerti artinya. Beberapa kalimat di bawah ini adalah contoh penggunaan kata picisan:

  • Orang itu terkesan seperti seorang sutradara yang hebat saja, padahal selama ini dia hanya menghasilkan karya picisan yang bahkan anak kuliahan saja bisa membuatnya.
  • Berlakulah sewajarnya saja, hidup ini bukan sebuah roman picisan yang harus kau ratapi sepanjang hari.
  • Jangan pernah kau samakan sebuah karya yang dihasilkan oleh seorang Pram, dengan karya picisan yang dibuat dalam beberapa pekan oleh seorang pendulang uang.

Itulah beberapa contoh pengertian kata picisan. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian picisan ya ! Baca juga pengertian sporadis 🙂