PENGERTIAN PILKADA SERENTAK


  •  Apa yang dimaksud dengan pilada serentak ?
  • Apa pengertian pilkada serentak menurut UU ?
  • Apa kata pilkada serentak ?

Pengertian Pilkada Serentak


Pengertian Pilkada Serentak Menurut Para Ahli :

Pengertian pilkada serentak adalah proses Pemilihan Kepala Daerah (baik itu tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten dan kota) dalam lingkup wilayah atau kawasan tertentu yang dilakukan secara serentak / dalam waktu yang bersamaan.

Selama kurun waktu 10 tahun ke belakang di Indonesia telah terjadi banyak perubahan dalam sistem pemilihan, hal tersebut dimaksudkan untuk melahirkan tata cara dan pelaksanaan pemilu yang lebih efisien. Sebelum tahun 2005 kepala daerah dan wakil kepala daerah dipilih sendiri oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan hal ini berubah sejak berlakunya UU No.32 tentang Pemerintah Daerah di mana dikatakan bahwa kepala daerah dan wakil kepala daerah dipilih langsung oleh rakyat.

Bila merujuk kepada UU No. 32 Tahun 2004 maka peserta pilkada adalah pasangangan yang diajukan oleh partai politik atau gabungan partai politik. Namun ketentuan ini berubah dengan diterbitkannya UU No. 12 Tahun 2008 yang menyatakan bahwa peserta pilkada juga bisa saja berasal dari pasangan calon perseorangan yang hanya didukung oleh sekelompok orang.

Lalu pada tahun 2015 pemerintah pusat menyepakati diadakannya pilkada seretak untuk daerah-daerah yang masa jabatan pemerintahannya akan berakhir di tahun 2015.

Tujuan dilaksanakannya pilkada serentak adalah untuk efektifitas dan efisiensi dalam pelaksanaannya, dengan harapan dapat dilakukannya penghematan waktu, energi dan anggaran pilkada yang tentunya tidak sedikit.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian pilkada serentak secara umum ya ! Baca juga pengertian perilaku konsumen dan produsen 🙂