PENGERTIAN PLANLET


  • Pengertian planlet pada kultur jaringan itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan planlet dalam kultur jaringan ?
  • Apa itu planlet ? Apa arti kata planlet ?

Pengertian Planlet


Pengertian Planlet Menurut Para Ahli :

Pengertian planlet adalah sekelompok sel yang belum terdiferensiasi/terorganisir (disebut kalus) yang berkembang menjadi tunas, menghasilkan akar dan selanjutnya tumbuh menjadi individu baru.

Dengan kata lain, pengertian planlet dalam kultur jaringan adalah tanaman mini lengkap hasil regenerasi atau perbanyakan kultur jaringan yang memiliki batang, daun, dan akar.

Pertanyaannya; apa yang dimaksud dengan kultur jaringan? Apa hubungan planlet dan kultur jaringan? Untuk memahami planlet, terlebih dahulu kita harus pahami pengertian kultur jaringan.

Kultur jaringan adalah membudidayakan jaringan tanaman menjadi tanaman baru yang memiliki sifat yang sama persis dengan induknya. Tidak seperti perbanyakan tumbuhan pada umumnya, teknik kultur jaringan dilakukan dalam kondisi aseptik yaitu bebas infeksi dari mikroorganisme tertentu. Dengan demikian teknik ini membutuhkan wadah berupa botol kultur atau rumah kaca dan kondisi tertentu. Teknik ini sering disebut juta dengan kultur in vitro yang berarti “di dalam kaca”.

Kultur jaringan pada umumnya dilakukan dengan cara mengisolasi bagian-bagian tertentu tanaman seperti mata tunas, daun, lalu menumbuhkan bagian-bagian tersebut dalam media buatan berupa wadah tertutup yang tembus cahaya, kaya nutrisi dan dengan zat pengatur tumbuh, sehingga bagian tanaman dapat bergenerasi (memperbanyak diri) dan berkembang menjadi tanaman lengkap.

Tujuan kultur jaringan adalah untuk memperoleh bibit tanaman baru yang lebih baik, lebih cepat serta lebih banyak, dalam waktu yang relatif singkat dengan sifat yang sama seperti induknya.
Keuntungan teknik ini adalah membuat tanaman bebas dari penyakit karena prosesnya dilakukan secara aseptik.

Kelemahannya, kultur jaringan memerlukan biaya yang relatif mahal pada awalnya, dan memerlukan keahlian khusus sehingga hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu. Bibit hasil kultur jaringan juga memerlukan proses aklimatisasi, yaitu suatu proses di mana bibit dikeluarkan dari botol kultur atau rumah kaca untuk diadaptasi terhadap lingkungan baru sebelum benar-benar ditanam di lapangan. Tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan adaptasi tanaman dalam lingkungan yang kurang steril.

Jadi, jika diibaratkan dalam dunia olahraga, maka planlet adalah bakal calon atlet yang dipersiapkan menjadi atlet unggul melalui serangkaian tes dan latihan yang intensif oleh pelatih dan fasilitas yang bernama kultur jaringan.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian planlet pada kultur jaringan. Semoga teman-teman bisa memahami definisi planlet secara umum ya ! Baca juga pengertian otentik 🙂