PENGERTIAN POLITIK LUAR NEGERI BEBAS AKTIF DAN CONTOHNYA


  • Pengertian politik luar negeri bebas aktif itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan politik luar negeri bebas aktif ?
  • Apa itu politik luar negeri bebas aktif ?
  • Apa arti politik luar negeri bebas aktif ?
  • Apa landasan politik luar negeri bebas aktif ?

Pengertian Politik Luar Negeri Bebas Aktif


Pengertian Politik Luar Negeri Bebas Aktif Menurut Para Ahli :

Pengertian politik luar negeri bebas aktif adalah politik yang tidak memihak pada kekuatan-kekuatan negara lain yang tidak sejalan dengan nilai-nilai Pancasila dan tetap terus aktif dalam menjalankan kebijaksanaan luar negeri, serta tidak diam dan cepat tanggap dalam merespon berbagai peristiwa yang terjadi di kancah internasional. (Mochtar Kusumaatmadja)

Definisi politik luar negeri bebas aktif adalah politik bebas yang tidak terikat pada suatu blok negara adikuasa tertentu dan aktif dalam mengembangkan kerjasama internasional dengan negara lain. (A. W. Wijaya)


Sebagai salah satu negara di dunia, Indonesia akan dan harus menjalin hubungan dengan negara-negara lain. Sama seperti manusia sebuah negara membutuhkan negara lain baik untuk memenuhi kebutuhan negaranya, menjalin kerjasama, saling membantu, dan lain sebagainya.

Nah agar hubungan yang dijalin tetap harmonis serta berada dalam koridor yang benar maka sebuah negara harus memiliki suatu politik luar negeri yaitu arah kebijakan, strategi, cara berperilaku dan berhubungan dengan negara-negara lain di dunia berdasarkan kepentingan nasional.

Sejak awal kemerdekaannya hingga saat ini politik luar negeri yang dianut Indonesia adalah politik luar negeri bebas aktif. Politik ini terbukti tepat untuk menjalin hubungan baik dan saling menghormati dengan negara-negara lain. Bebas artinya Indonesia tidak terikat atau berpihak pada negara atau kepentingan manapun sehingga berhak penuh menentukan sikapnya sendiri dalam menanggapi kejadian atau masalah internasional.

Hal ini dibuktikan salah satunya ketika dunia terbagi dalam dua blok yaitu blok barat yang dikuasai Amerika Serikat dan blok Timur yang dikuasai Uni Soviet. Pada masa itu indonesia tidak berpihak pada blok manapun dan bergabung dalam gerakan non-blok yaitu suatu perkumpulan negara-negara yang tidak memihak dan terlibat dalam perselisihan blok barat dan timur. Gerakan ini diprakarsai oleh lima negara yaitu Yugoslavia, Indonesia, Mesir, India, dan Ghana.

Sementara itu politik luar negeri aktif artinya Indonesia secara aktif turut serta dalam menjaga ketertiban dan perdamaian dunia dengan tetap menghormati kedaulatan negara lain. Hal ini ditandai salah satunya dengan seringnya pengiriman Tentara Nasional Indonesia yang disebut Kontingen Garuda untuk turut serta menjaga perdamaian dunia.

Sejak tahun 1957 Indonesia secara aktif telah mengirimkan pasukannya sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian ke berbagai negara yang sedang mengalami konflik seperti Mesir, Kongo, Vietnam, negara-negara-negara Timur Tengah, dan lain sebagainya.

Penentuan politik luar negeri bebas aktif yang dianut Indonesia bukan tidak berdasar. Ada landasan hukumnya yang jelas seperti Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Tap MPR, Undang-Undang nomor 37 tahun 1999 tentang hubungan luar negeri, Keppres atau Keputusan Presiden, serta kebijaksanaan dan peraturan menteri luar negeri.

Secara umum, contoh politik luar negeri bebas aktif adalah sebagai berikut :

  • Mengakui kedaulatan dan kemerdekaan negara lain
  • Ikut dalam berbagai organisasi skala internasional
  • Mengirim tentara ataupun pasukan perdamainan untuk membantu meredakan konflik yang terjadi di negara lain
  • Membantu negara-negara lain yang sedang tertimpa musibah atau bencana alam
  • Mengembangkan hubungan diplomatik dengan negara lain dalam berbagai bidang seperti ekonomi, hukum, sosial dsb.

Tujuan politik luar negeri bebas aktif adalah untuk :

  • Melaksanakan ketertiban dunia
  • Menciptakan perdamaian abadi dan keadilan sosial
  • Membangun tatanan dunia yang damai dan tertib
  • Meningkatkan kerjasama antar bangsa yang tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan keamanan dan kesejahteraan bangsa Indonesia
  • Mengatasi berbagai macam bentuk persoalan global seperti kejahatan internasional, terorisme dan kerusakan lingkungan

Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian politik luar negeri bebas aktif dan contohnya. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian politik luar negeri bebas aktif secara umum ya ! Baca juga pengertian bunga deposito bank 🙂