PENGERTIAN POLITISI DAN POLITIKUS


  • Pengertian politisi dan politikus itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan politisi ?
  • Apa itu politisi dan politikus ?
  • Apa arti kata politisi dan politikus ?
  • Apa perbedaan politisi dan politikus ?

Pengertian Politisi dan Politikus


Pengertian Politisi dan Politikus Menurut Para Ahli :

Pengertian politikus adalah seseorang yang terlibat dalam bidang politik, ahli politik maupun figur politik yang memegang posisi penting di pemerintahan.

Pengertian politisi adalah bentuk jamak dari kata politisi.


Dua istilah politisi dan politikus sering kita dengar baik itu dalam percakapan sehari-hari atau melalui berita yang kita tonton di televisi. Kedua istilah ini sering digunakan bergantian untuk merujuk pada makna yang sama yaitu orang yang paham atau ahli dalam bidang politik atau kenegaraan. Atau dapat juga diartikan orang yang aktif di dunia politik seperti anggota partai politik atau individu yang terlibat dalam dunia perpolitikan.

Meskipun demikian apakah kedua istilah ini benar-benar memiliki makna yang sama atau dapat kita tempatkan pada konteks kalimat yang sama? Mengenai hal ini tentu kita harus merujuk pada kbbi atau kamus besar bahasa Indonesia. Istilah utama yang dipakai dalam kbbi untuk makna seperti yang dimaksud di atas adalah politikus. Istilah politisi juga dapat kita temukan dalam kbbi akan tetapi maknanya merujuk pada istilah politikus sehingga dapat kita katakan kedua istilah ini memiliki makna yang sama.

Jika makna keduanya sama lantas bagaimana kita membedakan pemakaiannya dalam kalimat? Istilah politikus merupakan bentuk tunggal sementara istilah politisi adalah bentuk jamaknya. Misalnya kalimat : Para politisi di dalam gedung sedang berdebat sengit membahas anggaran daerah. Kalimat ini salah karena politisi sudah merupakan bentuk jamak sehingga jika kita tetap ingin menggunakan kata para maka kalimatnya menjadi : Para politikus di dalam gedung sedang berdebat sengit membahas anggaran daerah. Pola seperti ini juga terjadi pada kosakata lain seperti kata alumnus dan alumni serta musikus dan musisi. Alumnus dan musikus merupakan bentuk tunggal sementara alumni dan musisi merupakan bentuk jamaknya.

Dalam pandangan masyarakat awam istilah politikus lebih berkonotasi negatif daripada istilah politisi. Jika disebut istilah politikus maka yang terbayang adalah anggota partai politik, anggota DPR, atau insan politik yang lebih mementingkan kepentingan pribadi dan kelompok dibandingkan kepentingan rakyat, yang suka kkn, senang memakan uang rakyat, serta hal-hal negatif lainnya.

Hal ini bisa saja disebabkan adanya penggalan kata tikus dalam istilah politikus. Seperti yang kita ketahui tikus merupakan binatang yang menjijikkan bagi sebagian besar orang serta suka menggerogoti yang bukan miliknya. Ditambah lagi setiap kali ada ulasan mengenai politikus yang berbuat negatif seperti korupsi, seringkali politikus tersebut dianalogikan dengan tikus yang suka menggerogoti apa saja.


Nah itulah penjelasan pengertian politisi dan politikus secara singkat. Semoga teman-teman bisa memahami perbedaan politisi dan politikus secara umum ya ! Baca juga pengertian presipitasi 🙂