PENGERTIAN PRAMUGARI DAN PRAMUGARA


  • Pengertian pramugari dan pramugara itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan pramugari ?
  • Apa itu pramugari dan pramugara ?
  • Apa arti pramugari dan pramugara ?
  • Apa perbedaan pramugari dan pramugara ?

Pengertian Pramugari dan Pramugara


Pengertian Pramugari dan Pramugara Menurut Para Ahli :

Pengertian pramugari adalah awak kabin wanita di suatu alat transportasi umum yang bertugas menjaga keamanan penumpang dan melayani kebutuhan penumpang.

Pengertian pramugara adalah awak kabun pria yang bertugas pada suatu alat transportasi umum yang tugas utamanya adalah melayani penumpang dan menjaga keselamatan penumpang.


Kita mengenal istilah pramugari dan pramugara sebagai orang atau petugas yang bertugas melayani penumpang di pesawat udara. Pramugari sebutan untuk petugas wanita sementara pramugara sebutan untuk petugas pria. Padahal jika merujuk kepada kamus besar bahasa Indonesia kedua istilah artinya adalah karyawan perusahaan pengangkutan atau transportasi umum baik darat, laut, maupun udara yang tugas utamanya adalah melayani penumpang, tidak terbatas pada pesawat terbang saja. Kesalahpahaman ini terjadi karena kebanyakan pramugari/pramugara lebih sering kita temui pada alat transportasi udara dibandingkan pada alat transportasi lain.

Dengan demikian, pengertian pramugari kereta api adalah wanita yang bertugas melayani penumpang di dalam kereta api. Sedangkan pengertian pramugari pesawat adalah petugas wanita yang melayani penumpang di dalam pesawat terbang.

Adapula sebutan pramugari reguler dan non reguler. Pengertian pramugari reguler adalah pramugari yang bertugas dalam hari-hari biasa dan bisa terbang kapan saja. Sedangkan pramugari non reguler hanya bertugas pada event-event tertentu saja dan pada umumnya menggunakan sistem kontrak. Contohnya adalah pramugari haji yang hanya bertugas dalam rangka penerbangan haji dan umroh saja.

Kesan yang didapatkan penumpang dari pramugari/pramugara akan berpengaruh terhadap kesan penumpang pada perusahaan pengangkutan tersebut. Menyadari hal ini maka perusahaan pengangkutan melakukan seleksi yang ketat serta melatih pramugari/pramugara agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen. Untuk itu seorang pramugari/pramugara haruslah berpenampilan menarik dari segi fisik dan memiliki komunikasi yang baik sehingga penumpang merasa nyaman.

Profesi seorang pramugari/pramugara masih menjadi profesi yang menggiurkan pada saat sekarang. Banyak remaja putri yang berkeinginan menjadi pramugari. Selain penghasilan perbulan yang cukup tinggi, profesi ini juga dipandang tinggi di mata masyarakat. Ditambah lagi pramugari/pramugara berkesempatan mengunjungi berbagai tempat di belahan dunia secara gratis. Mereka dapat mengunjungi berbagai tempat di negara lain yang mungkin akan sulit didatangi jika pekerjaan mereka bukan pramugari/pramugara, entah karena alasan ekonomi atau karena kesibukan.

Untuk menjadi seorang pramugari/pramugara tidaklah terlalu sulit. Adapun syarat menjadi pramugari dan pramugara diantaranya adalah berpendidikan minimal tamat SMA atau sederajat, sehat baik jasmani maupun rohani, tidak buta warna, berpenampilan menarik, tinggi ideal dan berat badan proporsional, single, serta mampu berbahasa asing minimal bahasa Inggris. Kemampuan berbahasa Inggris sangat diperlukan karena penumpang tidak hanya berasal dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Untuk dapat memberikan pelayanan maksimal tentu seorang pramugari/pramugara harus mampu minimal berbahasa Inggris.

Walaupun terlihat mudah dan menyenangkan tetapi profesi pramugari/pramugara cukup berat. Seorang pramugari/pramugara bertanggungjawab penuh atas keamanan dan kenyamanan seluruh penumpang selama penerbangan. Mulai dari memberikan informasi lokasi tempat duduk penumpang, memberikan penjelasan terkait prosedur keselamatan di pesawat, menyediakan makanan dan minuman kepada para penumpang, dan lain sebagainya. Selain itu pramugari/pramugara juga harus mampu menghadapi situasi-situasi darurat serta menenangkan dan memberikan petunjuk kepada para penumpang ketika terjadi kepanikan.


Nah itulah penjelasan singkat tentang pengertian pramugari dan pramugara. Semoga teman-teman bisa memahami perbedaan pramugari dan pramugara secara umum ya ! Baca juga pengertian pramusiwi 🙂