PENGERTIAN PRAMUSIWI


  • Pengertian pramusiwi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan pramusiwi ?
  • Apa itu pramusiwi ? Apa arti kata pramusiwi ?
  • Pramusiwi artinya apa sih ?

Pengertian Pramusiwi


Pengertian Pramusiwi Menurut Para Ahli :

Jika kita perhatikan terjadi pergeseran peran di dalam rumah tangga. Dahulu di dalam sebuah rumah tangga seorang ayah berperan sebagai pencari nafkah sementara ibu bertugas mengurus rumah dan merawat anak-anak.

Pada zaman sekarang terjadi pergeseran dimana kaum ibu sudah mulai banyak yang ikut bekerja dengan berbagai alasan. Ada yang bekerja karena faktor ekonomi, ada pula karena ingin berkarir dan mengaktualisasikan diri. Hal inilah yang menyebabkan munculnya profesi pramusiwi atau penjaga anak/bayi yang lebih dikenal dengan istilah baby sitter.

Pengertian pramusiwi adalah orang yang bekerja pada sebuah keluarga yang bertugas merawat anak atau bayi pada keluarga tersebut. Pendek akta, arti pramusiwi adalah pengasuh bayi.

Seorang ibu yang bekerja tentu tidak dapat menjalankan kewajibannya di rumah dengan sempurna. Untuk itu ia membutuhkan bantuan pramusiwi dalam hal mengurus anak selama ia bekerja di luar rumah. Mulai dari kebutuhan dasar seperti makan, minum, dan mandi hingga bermain dan belajar. Setelah ibu selesai bekerja dan kembali ke rumah barulah anak menjadi tanggung jawabnya kembali.

Profesi pramusiwi sangat dibutuhkan pada zaman sekarang, khususnya di daerah perkotaan. Banyak sekali kita temui seorang wanita yang sudah bekerja sejak masa lajangnya, setelah menikah dan mempunyai anak ia tetap melakoni pekerjaannya sehingga pramusiwi menjadi solusi dalam mengurus anak. Jika tidak demikian biasanya si ibu meminta pertolongan orangtua atau kerabat dekat untuk mengurus anak. Hal ini telah menjadi semacam budaya di perkotaan dimana para wanita enggan meninggalkan pekerjaannya apalagi pada zaman sekarang dimana persaingan ekonomi kian ketat dan anggapan bahwa jika wanita tidak bekerja maka ilmunya semasa sekolah akan sia-sia.

Di daerah perkotaan kita dapat menggunakan jasa pramusiwi melalui agen-agen penyedia jasa. Hal ini lebih memudahkan daripada harus mencari sendiri, lebih hemat waktu walaupun upahnya harus mengikuti standar yang ditetapkan si agen. Selain itu jika terjadi apa-apa kita dapat berkonsultasi dengan agen penyedia jasa tersebut dimana mereka pasti memiliki data lengkap mengenai si pramusiwi. Ditambah lagi ada agen-agen penyedia jasa yang menyatakan telah memberikan pelatihan kepada pramusiwinya sehingga pramusiwi-pramusiwi tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan baik.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian pramusiwi secara umum ya ! Baca juga pengertian prestisius 🙂