PENGERTIAN PRESIPITASI


  • Pengertian presipitasi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan presipitasi ?
  • Apa itu presipitasi ? Apa arti kata presipitasi ?
  • Apa pengertian presipitasi kimia ?
  • Apa pengertian presipitasi dalam biologi ?

Pengertian Presipitasi


Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli :

Istilah presipitasi mungkin terdengar asing di telinga kita. Padahal presipitasi merupakan kejadian yang kita alami sehari-hari dan amat dekat dengan kita. Pengertian presipitasi adalah segala sesuatu yang jatuh dari atas dan mengendap di bagian bawahnya seperti hujan, salju, hujan es dsb.

Presipitasi dalam kehidupan sehari-hari dikenal juga dengan istilah hujan atau turunnya air ke permukaan bumi. Tidak hanya hujan, salju yang turun di daerah empat musim juga dapat dikatakan presipitasi.

Secara umum istilah presipitasi artinya adalah pengendapan. Dalam bidang meteorologi istilah ini berarti turun atau jatuhnya air yang ada di atmosfer baik dalam bentuk cair atau padat ke permukaan bumi. Dalam bentuk cair presipitasi terjadi dalam bentuk air hujan sementara dalam bentuk padat presipitasi terjadi dalam bentuk salju.

Pengertian presipitasi dalam siklus hidrologi adalah turunnya air dari atmosfer bumi menuju permukaan laut dan permukaan bumi dalam bentuk yang berbeda-beda.

Hal ini terjadi karena atmosfer yang mengandung berbagai macam gas salah satunya uap air menjadi jenuh, uap air yang jenuh berkondensasi atau berubah bentuk menjadi lebih padat (dalam hal ini menjadi cair) dan selanjutnya turun atau jatuh ke permukaan bumi. Udara di atmosfer dapat menjadi jenuh jika terjadi pendinginan atau dengan menambahkan kandungan uap air di atmosfer.

Dalam bidang kimia, pengertian presipitasi kimia adalah turun atau mengendapnya suatu kandungan zat dalam sebuah larutan karena adanya reaksi kimia. Presipitasi juga dapat dipercepat dengan cara mengurangi kadar zat pelarutnya atau dengan menambahkan agen presipitasi seperti TCA. Hal ini salah satunya dimanfaatkan untuk pengolahan limbah cair.

Limbah yang mengandung berbagai macam logam berat dilakukan presipitasi atau pengendapan untuk memisahkan logam berat tersebut dari cairan limbah. Hal ini dilakukan dengan menambahkan zat kimia tertentu yang dapat mengubah senyawa-senyawa yang terkandung di dalam cairan ke dalam bentuk padat. Senyawa yang telah berubah menjadi padat kemudian akan mengendap sehingga dapat dipisahkan dari cairan limbah. Jika Limbah mengandung beberapa jenis logam berat yang berbeda maka presipitasi harus dilakukan bertahap atau satu persatu.

Selain itu metode presipitasi juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kesadahan air. Seperti yang kita ketahui air mengandung berbagai macam mineral, berapa banyak kadar mineral-mineral tersebut di dalam air disebut dengan kesadahan air. Air sadah merupakan air dengan kandungan mineral yang tinggi, biasanya ditemukan pada daerah dengan batuan berkapur. Dengan metode presipitasi kita dapat memisahkan mineral-mineral yang terkandung di dalam air sehingga air menjadi tidak atau kurang sadah lagi.

Pengertian presipitasi biologi adalah suatu proses yang pengendapan yang terjadi jika suatu zat terpisah dari larutannya. Contohnya presipitasi antibodi, dimana antibodi mengendapkan berbagai molekul antigen berbentuk gumpalan yang tidak larut sehingga antigen-antigen tersebut dapat dicerna dan ditelan oleh sel-sel fagosit.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai arti presipitasi. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian presipitasi secara umum ya ! Baca juga pengertian prestasi diri 🙂