PENGERTIAN PRESTISE MENURUT PARA AHLI


  • Pengertian prestise dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan prestise ?
  • Apa arti prestise / definisi prestise ?
  • Apa pengertian prestise dalam sosiologi ?
  • Apa pengertian prestise dalam ekonomi ?

Pengertian Prestise dan Contohnya


Pengertian Prestise Menurut Para Ahli :

Pengertian prestise adalah sebuah kehormatan, wibawa dan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang yang akhirnya membuat dirinya menjadi “berbeda” / istimewa bila dibandingkan dengan orang lain yang ada di sekitarnya.

Masalah kehormatan adalah sebuah masalah yang bersifat relatif, di mana hal tersebut harus dikaitkan dengan kebudayaan dan sistem sosial tertentu yang terdapat di sebuah lingkungan / wilayah. Hal ini akan sangat berhubungan dengan masalah stratifikasi yang terjadi di dalam kehidupan sosial, di mana di dalam setiap lingkungan masyarakat akan terdapat sebuah perbedaan dalam tingkatan sosial masyarakat tersebut.

Pengertian prestise dalam sosiologi adalah sebuah status sosial, kehormatan dan kedudukan yang dimiliki oleh seseorang di dalam kehidupannya, yang mana orang tersebut akan memiliki unsur-unsur tersebut dalam kategori lebih banyak / lebih tinggi dari orang lain yang ada di lingkungan sekitarnya. Pada umumnya orang yang memiliki prestise dalam kehidupan sosial akan lebih dihormati dan disegani oleh masyarakat di sekitarnya dan hal tersebut akan membuatnya menjadi seorang pribadi yang istimewa dan menonjol di antara banyak orang.

Prestise di dalam sosiologi adalah sesuatu prestise sosial yang tidak harus didapatkan atas usaha mandiri seseorang, namun hal tersebut juga bisa didapatkan oleh seseorang karena “bantuan” atau pemberian dari orang lain. Contohnya: seorang anak bisa saja mewarisi kehormatan dari orangtuanya yang pada dasarnya telah memiliki prestise di dalam kehidupan sosialnya.

Pengertian prestise dalam ekonomi adalah bentuk sebuah kehormatan / wibawa yang didapatkan oleh seseorang karena kemampuannya dalam memiliki berbagai macam hal (terkait dengan kekayaan ataupun barang prestise) yang kemudian membuatnya menjadi berbeda / istimewa bila dibandingkan dengan orang-orang yang tinggal di lingkungan sekitarnya ataupun bisa juga karena bekerja di perusahaan yang prestise.

Pengertian barang prestise dan contohnya yaitu barang yang bisa membuat naiknya rasa percaya diri seseorang karena barang tersebut bernilai tinggi di mata masyarakat. Contoh barang prestise antara lain : mobil Lamborghini Aventador, jam Rolex, tas Gucci, sepatu branded dsb.

Sedangkan pengertian prestise perusahaan adalah harga diri dan reputasi perusahaan yang tertancap di mata orang awam dan di mata dunia bisnis. Prestise perusahaan identik dengan kemewahan bentuk bangunan, gaji yang besar serta terkenalnya nama perusahaan tersebut di mata masyarakat. Perusahaan yang prestise berarti perusahaan tersebut bergengsi dan mampu untuk mengangkat harkat dan martabat karyawannya di kehidupan sosial. Contoh perusahaan prestise di Indonesia : Freeport, Bank, IBM, Pertamina, BP Migas dsb.

Prestise di dalam ekonomi lebih bersifat kepada sebuah usaha atau prestasi yang didapatkan seseorang di dalam kehidupan ekonominya, yang mana hal tersebut kemudian bisa menjadi sebuah faktor yang membuat orang tersebut lebih dihormati atau disegani di dalam lingkungannya. Namun bukan berarti hal ini juga mutlak didapatkan secara mandiri, karena pada dasarnya ada banyak orang yang mewarisi hal tersebut dari kedua orangtuanya.


Semoga teman-teman bisa memahami pengertian prestise dan contohnya ya ! Baca juga pengertian sekutu aktif dan sekutu pasif 🙂