PENGERTIAN PROPORSIONAL


 Apa yang dimaksud dengan proporsional ? Apa itu proporsional ? Apa arti kata proporsional ?


Pengertian Proporsional


Pengertian Proporsional Menurut Para Ahli menyatakan bahwa :

Definisi proporsional adalah suatu keadaan yang sesuai dengan proporsi yang biasanya dikaitkan dengan takaran tertentu. Contoh : Bentuk badan Pak Budi tidak proporsional, dia sangat gemuk sekali. Tidak proporsional disini berarti berat badan pak Budi tidak sesuai dengan proporsi, dimana proporsi adalah takaran yang untuk mengukur sesuatu. Dalam hal ini, berat badan Pak Budi bisa dikaitkan dengan takaran seperti tinggi badan. Bisa jadi Pak Budi pendek namun badannya cukup gemuk sehingga bentuk badannya menjadi tidak proporsional

Arti proporsional adalah sebanding lurus dan berimbang. Contoh : Gaji yang didapatkan para karyawan Bank BCA proporsional dengan tingkatan karirnya. Hal ini berarti gaji karyawan berbanding lurus dengan tingkatan karirnya. Semakin tinggi karirnya maka semakin tinggi gajinya.

Pendek kata, pengertian proporsional adalah sesuatu yang tidak melewati ambang batas kewajaran.


Apa pengertian proporsional dan profesional ? Apa perbedaan profesional dan proporsional ?


Untuk mengetahui perbedaan makna profesional dan proporsional sebaiknya kita memahami arti proporsional dan profesional terlebih dahulu.

Pengertian profesional adalah sikap menjalani profesi secara proporsional. Contoh : Valentino Rossi adala seorang pembalap profesional. Hal ini berarti bahwa Valentino Rossi sudah menjalani profesi menjadi pembalap secara proporsional yaitu tidak main-main atau “ecek-ecek” sekedar sambilan saja. Orang yang suka balapan 1 kali satu bulan itu bukanlah profesional, namun orang yang setiap harinya secara seimbang bergelut dibidang dunia balap motor itu baru namanya pembalap profesional.

Proporsional biasa di gunakan dalam menyebut seseorang yang bisa mengimbangi keadaan pekerjaan maupun bukan pekerjaan tanpa memikirkan apa yang di alaminya. Proporsional atau profesional ini juga merupakan ceriminan diri yang harus di miliki oleh siapapun, demi mampu mendapatkan sebuah hasil yang baik dalam dunia pekerjaan. Profesional ini biasa di miliki oleh para pemimpin, dimana pemimin yang memiliki prinsip yang profesional maka hasil pekerjaannya pasti akan lebih baik.

Profesional juga dapat dimaksudkan sebagai kondisi dimana seseorang yang bisa mengendalikan perasaannya meskipun dirinya sedang ada masalah namun dirinya bisa menjalankan pekerjaannya dengan baik. Pekerjaan yang baik bisa mendatangkan banyak sekali manfaat itulah sebabnya mengapa anda harus menjadi pribadi yang profesional.

Profesional juga bisa diartikan sebagai pribadi yang mampu bekerja sama dalam tim maupun kelompok lain dengan kondisi apapun. Keprofesionalan yang di maksud adalah dimana kita mampu menutup perasaan buruk yang sedang kita alami dan berfokus pada satu hal yaitu pada pekerjaan. Jika kita ingin menjadi orang yang sukses maka kita harus bisa bekerja secara profesional.


Apa pengertian proporsional random sampling ?


Pengertian proporsional random sampling adalah teknik pengambilan sampel secara acak dengan memperhatikan dan mempertimbangkan unsur-unsur dan kategori yang ada dalam suatu populasi penelitian secara seimbang. Contoh : Kalau kita mau melakukan random sampling sekitar 5 % dari total populasi 500 anak SMA, maka proporsi 5 % haruslah mencakup pria dan wanita dengan jumlah seimbang.


Apa pengertian proporsional dalam seni rupa?


Pengertian proporsional dalam seni rupa berarti karya kita haruslah seimbang dalam berbagai unsur dan ukuran seperti komposisi, warna, bentuk dsb. Contoh sederhana : Melukis wajah seorang wanita haruslah seimbang bentuk-bentuk inderanya (organ tubuh). Jangan sampai mata lebih besar daripada mulut.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian proporsional ini secara lebih mendalam ya ! Lihat juga pengertian asumsi menurut para ahli 🙂