PENGERTIAN PROSPEK


  • Pengertian prospek bisnis itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan prospek ?
  • Apa itu prospek ? Apa arti kata prospek ?
  • Apa pengertian prospek bisnis ?
  • Apa pengertian prospek kerja ?

Pengertian Prospek


Pengertian Prospek Menurut Para Ahli :

Pengertian prospek adalah seorang individu, kelompok ataupun organisasi yang dianggap potensial oleh pemasar dan ingin terlibat dalam suatu pertukaran bisnis. Pendek kata, arti prospek adalah calon pembeli yang mempunyai keinginan terhadap suatu produk atau jasa tertentu. (Bilson Simamora : 2001)

Arti prospek adalah gambaran mendetail atas peluang dan ancaman dari suatu kegiatan pemasaran dan penjualan di masa depan yang penuh dengan ketidakpastian. (Siswanto Sutejo : 1945)

Definisi prospek adalah suatu gambaran keberlangsungan suatu ide di masa depan yang berupa peluang yang masih harus diadaptasikan dengan berbagai keterbatasan dan kondisi yang melingkupinya. (M Ridki Zarkasyi : 2013)

Ada beberapa hal yang biasanya akan dipertimbangkan sebelum seseorang memutuskan jurusan apa yang akan dipilih pada perguruan tinggi. Diantaranya bakat, minat, kemampuan, dana, prospek pekerjaan di masa depan, dan lain sebagainya. Prospek pekerjaan di masa mendatang menjadi salah satu hal yang diperhatikan karena tentu saja tidak ada orang yang mau menjadi pengangguran setelah lulus kuliah sementara pada zaman sekarang sangat sulit mendapatkan pekerjaan. Contohnya pada zaman sekarang dimana penggunaan teknologi komputer mulai banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan sehingga banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan ilmu komputer di bangku kuliah.

Berbicara mengenai prospek pekerjaan, apa sebenarnya maksud istilah prospek itu sendiri? Menurut kamus besar bahasa Indonesia prospek adalah kemungkinan atau harapan. Segala bentuk kejadian apakah yang baik ataupun buruk yang kemungkinan akan terjadi. Bisa juga diartikan segala kejadian yang diharapkan terjadi di masa mendatang dalam berbagai bidang kehidupan baik pekerjaan, pendidikan, investasi, dan lain sebagainya.

Definisi prospek juga dikemukakan oleh beberapa ahli seperti Paul R. Krugman yang mengartikan prospek sebagai peluang yang timbul atas usaha seseorang yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan meraih keuntungan. Kemudian definisi prospek juga dikemukakan oleh Djasmin dimana ia mengambil sudut pandang bisnis dengan mengartikan prospek sebagai kebijakan yang diambil perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang dengan cara memanfaatkan semua peluang dan mengatasi semua hambatan yang ada dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Sementara itu Siswanto Sutejo menyimpulkan bahwa prospek adalah gambaran menyeluruh mengenai peluang dan hambatan yang akan muncul dalam kegiatan pemasaran sehubungan dengan kegiatan pemasaran dan penjualan yang sifatnya penuh dengan ketidakpastian.

Dari definisi para ahli di atas dapat kita lihat bahwa mereka mendefinisikan istilah prospek dari sudut pandang bisnis atau perusahaan. Istilah ini memang lebih sering digunakan dalam dunia bisnis untuk menentukan kemungkinan-kemungkinan peluang dan hambatan yang akan dihadapi perusahaan. Dengan mengetahui prospek kedepan maka sebuah perusahaan dapat menyusun perencanaan yang tepat mengenai langkah-langkah yang akan diambil.

Pengertian prospek kerja adalah peluang kerja yang tersedia di masa depan. Contohnya jika kamu sedang kuliah di Fakultas Ekonomi dan mengambil jurusan Akuntansi maka prospek kerja yang tersedia buat kamu adalah auditor, akuntan publik, konsultan keuangan dsb. Kamu tidak bisa menjadi seorang dokter karena prospek kerja menjadi seorang dokter hanya dimiliki oleh para mahasiswa kedokteran saja.

Pengertian prospek bisnis adalah suatu peluang bisa menghasilkan uang jika kita melakukan suatu aktivitas bisnis tertentu di masa depan.

Pengertian prospek karir adalah ada tidaknya suatu peluang bagi seorang karyawan / pegawai untuk mendapatkan promosi dan jenjang karir yang lebih baik di dalam suatu perusahaan di masa yang akan datang.

Pengertian prospek pasar adalah suatu perkiraan bagaimana kondisi pasar dimasa depan serta tingkat keuntungan yang akan didapatkan jika kita terjun dan masuk ke dalam pasar tersebut. Contoh : Jika pemerintah menaikkan suku bunga kredit secara signifikan hari ini. Maka bisa diprediksi prospek pasar properti 1 tahun ke depan akan menjadi lesu dan tentunya para pemain bisnis properti akan banyak yang merugi dan gulung tikar.

Pengertian prospek usaha adalah gambaran tentang keberlangsungan suatu usaha di masa depan apakah masih ada peluang untuk bisa sukses, masih bisa bertahan ataupun risiko untuk gulung tikar.

Pengertian prospek pengembangan adalah suatu peluang untuk mengembangkan dan memajukan usaha secara lebih baik dari kondisi sekarang ini.

Pengertian prospek ekonomi adalah prediksi kondisi ekonomi pada suatu negara di tahun yang akan datang. Jika kondisi ekonomi suatu negara sekarang dilanda krisis, banyak pinjaman hutang bahkan sering terjadi peperangan maka prospek ekonomi negara tersebut bisa dikatakan suram atau tidak mempunyai prospek sama sekali.


Nah itulah beberapa contoh pengertian prospek menurut para ahli. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian prospek secara umum ya ! Baca juga pengertian peka 🙂