PENGERTIAN PUBLIC FIGURE


  •  Apa yang dimaksud dengan public figure ?
  • Apa itu public figure / definisi public figure ?
  • Apa arti public figure ?

Pengertian Public Figure


Pengertian Public Figure Menurut Para Ahli :

Public figure merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi pada pendengaran kita, namun apakah kita telah mengerti arti kata tersebut dengan jelas dan telah memakainya dalam penggunaan yang tepat di dalam lingkungan hidup kita sehari-hari?

Pengertian publik figure adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang dalam penerjemahannya memiliki arti sosok atau tokoh yang dikenal secara luas oleh masyarakat umum. Namun di Indonesia sendiri penggunaan kata sosok atau tokoh masyarakat lebih cenderung dipakai untuk menggambarkan / menyebut pejabat, pemuka adat, kepala suku atau orang-orang dari instansi pemerintahan. Sedangkan kata public figure sendiri cenderung digunakan oleh kita sebagai sebutan kepada artis, penyanyi, pesinetron dan mereka yang lainnya yang sering muncul di layar kaca.

Bila merujuk pada penerapan kata public figure dalam bahasa Indonesia, maka telah terjadi penyimpangan makna dan penggunaan kata yang tidak pada tempatnya mengingat seharusnya public pigure adalah sosok yang sering dijadikan sebagai panutan dan idola bagi banyak orang. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah:

Apakah layak bagi seorang artis untuk disebut sebagai seorang public figure, sementara banyak di antara mereka yang melakukan hal-hal yang tidak patut bahkan dilarang dalam undang-undang? Seperti tindakan melakukan prostitusi, mengkonsumsi obat-obatan dan perbuatan tidak terpuji lainnya.

Jadi ada baiknya kita mengkaji kembali makna kata dan serapan bahasa asing yang kita gunakan, karena bagaimanapun penggunaan kata yang tidak tepat akan melahirkan arti dan makna kata yang tidak tepat pula.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian public figure secara umum ya ! Baca juga pengertian public service 🙂