PENGERTIAN PUBLIC SERVICE


  •  Apa yang dimaksud dengan public service ?
  • Apa itu public service / pelayanan publik ?
  • Apa arti kata public service ?

Pengertian Public Service


Pengertian Public Service Menurut Para Ahli :

Pengertian Public Service adalah segala bentuk jasa pelayanan, baik yang berbentuk barang / jasa yang pada prakteknya dilaksanakan atau diberikan oleh instansi pemerintah (pusat maupun daerah) dan juga di dalam lingkungan Badan Usaha Milik negara (BUMN) serta Badan Usaha milik Daerah (BUMD) dengan tujuan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat dan sebagai pelaksanaan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penyelenggara pelayanan publik dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu:

  1. Pelayanan publik yang diselenggarakan oleh organisasi privat (swasta), seperti: perguruan tinggi swasta, rumah sakit swasta dan angkutan umum swasta.
  2. Pelayanan publik yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah sebagai organisasi publik, hal ini dibedakan menjadi dua bagian:
  • Pelayanan yang bersifat primer, di mana pemerintah menjadi penyelenggara tunggal sehingga masyarakat tidak punya pilihan lain selain menggunakan pelayanan tersebut.

Contohnya: Pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), pelayanan keimigrasian dan pelayanan lainnya.

  • Pelayanan yang bersifat sekunder adalah segala bentuk pelayanan yang selain diselenggarakan oleh instansi pemerintah dan BUMN / BUMD terdapat pula penyelenggara lain yang melakukannya, yaitu pihak swasta. Dengan terjadinya hal seperti itu maka masyarakat dapat memilih pelayanan mana yang akan digunakan oleh mereka. Contoh dari pelayanan ini adalah: pelayanan di dunia perbankan yang tidak hanya didominasi oleh institusi pemerintah saja, namun pihak swasta juga turut serta dalam penyelenggaraannya.


Semoga teman-teman bisa memahami pengertian public service secara umum ya ! Baca juga pengertian tonsilofaringitis 🙂