PENGERTIAN PUITIS


  • Pengertian puitis itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan puitis ?
  • Apa itu puitis ? Apa arti kata puitis ?
  • Apa pengertian kalimat puitis ?

Pengertian Puitis


Pengertian Puitis Menurut Para Ahli :

Bagi penikmat film lupus tentu mengenal karakter Gusur, salah seorang sahabat lupus yang bertubuh besar dan menyukai sastra. Setiap kali berbicara dia selalu menggunakan kalimat puitis dengan gaya yang puitis pula, bahkan ketika ditagih utang oleh ibu kantin sekalipun. Disebut puitis karena ketika berbicara ia seolah-olah seperti sedang membaca puisi, baik pilihan katanya maupun gaya mengucapkannya.

Pengertian puitis adalah segala sesuatu yang bersifat atau bergaya puisi, seperti kata-kata yang digunakan dipilih dan disusun dengan cermat, memiliki irama, matra, dan rima sehingga terdengar indah, diucapkan dengan tekanan suara tertentu sehingga menimbulkan emosi, dan terkadang menggunakan bahasa kiasan.

Berbicara dengan gaya dan bahasa puitis terkadang digunakan orang dalam kehidupan sehari-hari misalnya ketika berorasi. Tujuannya untuk menarik minat pendengar dan menekankan maksud dari pembicaraannya. Atau ada pula yang menggunakan kata-kata puitis ketika sedang merayu seperti yang dilakukan pasangan kekasih. Tetapi ada juga yang bergaya puitis dimana saja tidak memandang situasi dan kondisi sehingga menimbulkan gelak tawa pendengarnya seperti yang dilakukan karakter Gusur pada contoh di atas.

Sebagian kita menganggap kata-kata puitis adalah kata-kata yang mendayu-dayu, romantis, dan terkesan gombal. Hal ini tidak terlepas dari pengalaman kita yang sering melihat orang-orang bergaya puitis dengan kata-kata yang romantis. Padahal jika merujuk pada makna sebenarnya kata-kata puitis itu berarti kata-kata-kata yang disusun sesuai dengan kaidah puisi. Sesuai pilihan dan susunan katanya, ada irama, matra, dan rima, serta disampaikan dengan tekanan tertentu.

Memang pilihan kata mempengaruhi sebuah puisi tetapi bukan berarti kata-kata sederhana yang digunakan sehari-hari tidak bisa dijadikan puisi. Banyak juga puisi-puisi indah yang menggunakan kata-kata sederhana. Selain itu ada juga puisi yang berisikan kemarahan sehingga terkadang kata-kata yang digunakan cukup keras dan terkadang kasar.

Kata-kata puitis sering menggunakan kata kiasan sehingga terkadang sulit memahaminya. Kita perlu menelaah terlebih dahulu maksud kata-kata tersebut. Malah terkadang yang kita pahami terlebih dahulu adalah emosi atau perasaan yang disampaikan lewat kata-kata tersebut seperti bahagia, marah, sedih, atau perasaan lainnya.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian puitis. semoga teman-teman bisa memahami pengertian bahasa puitis secara umum ya ! Baca juga pengertian prospek 🙂