PENGERTIAN RASIS DAN FASIS


  • Pengertian rasis dan fasis itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan rasis ?
  • Apa itu orang rasis ?
  • Apa arti rasis dan fasis ?
  • Apa perbedaan rasis dan fasis ?

Pengertian Rasis dan Fasis


Pengertian Rasis dan Fasis Menurut Para Ahli :

Pengertian rasis adalah sebutan orang yang menganut paham rasisme ataupun rasialisme. Berasal dari kata rasial yang berarti berdasarkan ciri-ciri fisik ras, bangsa, suku bangsa ( warna kulit, rambut dan sebagainya ).

Pengertian rasisme adalah suatu  paham pembedaan sikap maupun perlakuan terhadap kelompok masyarakat tertentu karena perbedaan rasial. Orang yang menganut paham rasisme menganggap bahwa rasnya lebih superior sehingga memiliki hak untuk mengatur ras yang lain. Istilah rasis ini sudah lama digunakan dan mempunyai konotasi yang buruk sejak 1940-an.

Rasisme sudah menjadi faktor pendorong utama diskriminasi sosial, segregasi ( pemisahan kelompok ras/etnis secara paksa ) dan kekerasan rasial, termasuk juga genosida ( pembantaian besar-besaran terhadap suatu ras secara sistematis ). Politisi seringkali menggunakan isu rasial untuk memenangkan suara.

Contoh rasisme yang paling sering nampak adalah kasus rasisme dalam dunia olahraga sepak bola dimana seorang pemain kulit putih menghina dan merendahkan pemain kulit hitam ataupun pemain dari negara tertentu.

Pengertian fasis adalah sebutan untuk penganut paham fasisme, yaitu suatu prinsip atau paham golongan nasionalis ekstrem yang menganjurkan pemerintahan otoriter. Serupa dengan rasis, fasisme sangat mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain.

Berasal dari kata Latin (Romawi: fasces), “fases” awalnya adalah serumpun batang yang diikatkan di kapak, sebagai simbol otoritas hakim sipil Romawi kuno yang digunakan untuk hukuman fisik dan modal berdasarkan perintah-Nya. Simbol fasis menyarankan kekuatan melalui kesatuan; bahwa sebuah batang tunggal adalah mudah patah, lain halnya dengan rumpunan yang akan sangat sulit sekali untuk terjadi perpecahan.

Kata fasis juga terkait dengan organisasi politik di Italia yang dipimpin oleh Benito Mussolini yang sebagian besar anggotanya adalah veteran Perang Dunia I. Partai ini berhasil menguasai pemerintahan pada tahun 1922, dan Mussolini diangkat sebagai perdana menteri dengan gelar II Duce (Sang Pemimpin).

Italia di bawah tampuk kekuasaan Mussolini berhasil berkembang dengan sangat pesat, angkatan perangnya diperbesar dan diperkuat, serta menjalin kerja sama dengan Jerman yang juga berpaham Fasis.

Negara fasis menjalankan kekuasaan pemerintahannya dengan cara diktator. Mereka mengembangkan perasaan nasionalisme yang berlebihan dan menganjurkan pembentukan partai tunggal totaliter yang menggerakkan massa untuk menciptakan “manusia baru” yang dianggap cukup ideal dalam elit pemerintahan, yaitu melalui pendidikan fisik & indoktrinasi. Salah satunya adalah eugenika yaitu perbaikan ras dengan cara mengeliminasi semua orang yang dianggap berpenyakit.

Paham fasisme berkonsep bahwa bangsa perlu identitas kolektif yang seragam, kepemimpinan yang kuat, serta kemampuan yang kuat untuk berperang. Pemerintahan yang fasis juga akan melarang dan menekan oposisi terhadap suatu negara.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian rasisme dan fasisme. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian rasis dan fasis serta contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian watak dan contohnya 🙂