PENGERTIAN REALISASI


  • Pengertian realisasi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan realisasi ?
  • Apa itu realisasi ? Apa arti kata realisasi ?
  • Apa pengertian realisasi anggaran APBD ?
  • Apa pengertian realisasi penerimaan pajak ?

Pengertian Realisasi


Pengertian Realisasi Menurut Para Ahli :

Pengertian realisasi adalah suatu proses untuk menjadikan sesuatu rencana menjadi perwujudan yang nyata. (Mardiasma)

Definisi realisasi adalah tindakan untuk mencapai sesuatu yang direncanakan atau diharapkan. Dibidang akuntansi realisasi bermakna “uang” yaitu konversi dari aktiva, barang dan jasa menjadi cash atau piutang (receivable) yang melalui tahapan penjualan.

Setiap orang memiliki cita-cita dalam kehidupannya. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut diperlukan perencanaan terlebih dahulu. Akan tetapi rencana tidak akan bergerak kemana-mana jika tidak dijalankan atau direalisasikan. Sehebat apapun rencana tidak akan ada hasilnya jika tidak direalisasikan. Oleh karena itu realisasi dari sebuah rencana sangatlah penting dalam berbagai bidang kehidupan, apakah pendidikan, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa pengertian realisasi adalah semua tindakan atau proses untuk mewujudkan apa yang sudah direncanakan. Dimulai dari cita-cita sehingga seseorang dapat menetapkan target yang ingin dicapai dengan batas waktu tertentu, kemudian dibuat rencana untuk mewujudkannya, kemudian baru rencana tersebut direalisasikan atau dilaksanakan dalam bentuk tindakan nyata.

Setelah selesai kemudian dilakukan evaluasi terhadap hasil yang telah dicapai, apakah sudah sesuai dengan target atau tidak. Dalam melakukan evaluasi digunakan alat ukur baik alat ukur kualitatif maupun kuantitatif sehingga diketahui hasil yang pasti mengenai pencapaian yang telah diraih. Dari hasil yang jelas dan terukur inilah kita dapat mengetahui seberapa berhasil realisasi dari rencana yang telah dibuat.

Realisasi adalah langkah penting dalam setiap perencanaan. Betapa sering kita lihat rencana hebat yang tidak menghasilkan apa-apa karena tidak pernah direalisasikan. Atau kalaupun direalisasikan akan tetapi tidak sesuai dengan rencana atau asal-asalan sehingga hasilnya sangat jauh dari yang diharapkan. Istilah realisasi digunakan dalam berbagai bidang seperti bisnis, akuntansi, pemasaran, dan lain sebagainya untuk mengetahui seberapa besar pencapaian yang telah diraih untuk kemudian dibandingkan dengan target yang telah ditentukan.

Dalam bidang akuntasi dikenal istilah laporan realisasi anggaran yang merupakan bagian dari laporan keuangan pada instansi pemerintahan yang berisi informasi mengenai sumber dana, alokasi dana, serta kemana penggunaan dana tersebut dalam satu periode laporan pada suatu instansi pemerintahan. Beberapa hal yang wajib disertakan dalam sebuah laporan realisasi anggaran diantaranya pendapatan, belanja, transfer, surplus/defisit, penerimaan pembiayaan, pengeluaran pembiayaan, pembiayaan neto, serta sisa pembiayaan anggaran (apakah kekurangan atau kelebihan) yang disebut juga dengan SiLPA/SiKPA. Dari laporan ini kita dapat mengetahui berapa besar penyerapan anggaran dalam periode tertentu.

Adapun arti realisasi lainnya antara lain :

Pengertian realisasi anggaran adalah seluruh kegiatan pelaksanaan anggaran yang juga meliputi kegiatan analisis serta evaluasi pelaksanaan budget. Tujuan realisasi anggaran ini adalah untuk memberikan feedback serta follow up agar di periode-periode berikutnya bisa berjalan lebih baik lagi. (Munandar : 2012)

Pengertian realisasi anggaran APBD adalah suatu rencana sistematis yang berisikan tentang seluruh aktivitas serta kegiatan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu untuk diwujudkan secara nyata. (Permendagri : 2007)

Pengertian realisasi produk adalah suatu perencanaan yang mendetail tentang proses serta pekerjaan apa saja yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa tertentu yang meliputi main processes (proses-proses utama) dan supporting processes (proses-proses pendukung).

Pengertian realisasi produksi adalah jumlah dan kapasitas produk barang yang diproduksi atau jasa yang dihasilkan selama kurun waktu tertentu (triwulan ataupun tahunan).

Pengertian realisasi fisik dan keuangan adalah pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan segala aktivitas kontruksi dan proyeksi dana keuangan di masa mendatang sesuai dengan alokasi dananya.

Pengertian realisasi penerimaan pajak adalah jumlah penerimaan pajak yang nyata (bukan fiktif) yaitu pajak yang benar-benar diterima yang dicapai pada periode tertentu yang kemudian dibandingkan dengan target penerimaan pajak.

Pengertian realisasi kewajiban negara dalam ham adalah pelaksanaan HAM secara aktif oleh negara sebagai bukti nyata pemenuhan tiap-tiap hak asasi manusia. Contoh realisasinya seperti menghukum para pelaku pelanggaran HAM dengan tegas dan seadil-adilnya.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian realisasi secara umum. Semoga artikel pengertian realisasi ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua ! Baca juga pengertian puitis 🙂