PENGERTIAN REGULASI DIRI


  •  Apa yang dimaksud dengan regulasi diri ?
  • Apa itu regulasi diri ? Apa arti regulasi diri ?
  • Apa pengertian regulasi diri pada individu?
  • Apa contoh regulasi diri ?

Pengertian Regulasi Diri


Pengertian Regulasi Diri Menurut Para Ahli :

Pengertian regulasi diri adalah sebuah proses yang terjadi di mana seseorang mampu mengatur pencapaian dan tindakan yang mereka lakukan sendiri dengan cara menentukan target untuk mereka, mengevaluasi kesuksesan mereka saat telah mencapai target tersebut dan memberikan sebuah penghargaan pada diri mereka sendiri karena pencapaian tujuan tersebut.

Contoh regulasi diri : Tono adalah seorang atlet lari jarak jauh. Besok adalah hari H lomba lari marathon Olimpiade. Regulasi dirinya adalah tidak boleh minum air terlalu banyak saat mau berlari dan tidak boleh makan terlalu banyak karena akan mempengaruhi kondisi tubuh dan kecepatan berlarinya besok pagi. Tono harus tidur cepat dan tidak boleh stress karena besok perlombaan yang akan menjadi sejarah dalam hidupnya.

Menurut Miller & Brown Regulasi Diri dapat dibangun / diciptakan dengan beberapa langkah seperti di bawah ini :

Receiving

Receiving atau menerima informasi yang relevan merupakan sebuah langkah awal individu dalam menerima informasi dari berbagai sumber.

Contohnya ketika seorang turis melakukan perjalanan sebagai backpacker maka penting baginya untuk mengumpulkan segala bentuk informasi mengenai tujuan wisatanya, baik itu melalui: buku, peta, koran dan lainnya.

Evaluating

Dari contoh di atas dapat kita simpulkan setelah turis tersebut mendapat informasi tentang perjalanannya maka ia tahu apa yang harus ia lakukan selanjutnya adalah mengevaluasi informasi tersebut.

Triggering

Trigerring atau membuat suatu perubahan. Dalam hal ini seseorang harus mampu membuat perubahan sesuai dengan kondisi yang ditemuinya dalam kehidupannya.

Searching

Searching atau mencari solusi.

Formulating

Formulating atau memulai untuk menyusun sebuah rancangan atau rencana.

Implementing

Implementing atau menerapkan segala informasi yang didapatkan ke dalam sebuah rencana.

Assessing

Assessing atau mengukur efektifitas dari rencana yang telah dibuat dan menilik kembali apakah mengalami perubahan atau tidak sama sekali.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian regulasi diri secara umum ya ! Baca juga pengertian corak 🙂