PENGERTIAN REHABILITASI


  • Pengertian rehabilitasi narkoba itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan rehabilitasi ?
  • Apa itu rehabilitasi ? Apa arti rehabilitasi ?
  • Apa pengertian rehabilitasi lahan ?

Pengertian Rehabilitasi


Pengertian Rehabilitasi Menurut Para Ahli :

Menurut KBBI, pengertian rehabilitasi adalah pemulihan kepada kedudukan (keadaan, nama baik) yang dahulu (semula).

Dalam dunia medis, pengertian rehabilitasi medik adalah perbaikan anggota tubuh yang cacat dsb atas individu (contohnya korban bencana alam, kecelakaan / pasien di rumah sakit) agar kembali menjadi manusia yang normal baik jasmani maupun rohoni serta berguna dan memiliki tempat di masyarakat.

Dalam ranah hukum, pengertian rehabilitasi hukum adalah rehabilitasi yang diberikan oleh presiden kepada seseorang dalam rangka memulihkan kehormatan dan nama baik yang bersangkutan karena ternyata terbukti bahwa tindakannya tidak seberapa dibandingkan dengan hukuman yang telah diterimanya, atau bahkan ia tidak bersalah sama sekali atas kejahatan yang dituduhkan atau didakwakan kepadanya.

Sedangkan pengertian rehabilitasi narkoba adalah suatu proses pemulihan seseorang dari gangguan penggunaan narkoba, pemulihan ini bersifat jangka pendek maupun panjang. Tujuannya adalah untuk mengubah perilaku serta mengembalikan fungsi individu tersebut di  masyarakat. Meskipun sebenarnya bukan hanya penyalahgunaan narkoba yang masuk dalam kategori rehabilitasi ini. Namun penderita lain yang mempunyai penyakit serius serta orang yang cacat juga memerlukan pengobatan medis untuk mencapai kemampuan fisik psikologis, dan sosial yang maksimal (David Arnot:2009)

Begitu juga halnya dengan orang yang memiliki penyakit kronis, baik dari segi fisik ataupun psikologisnya. Rehabilitasi di sini bukan lagi sekedar pemulihan dalam segi medis dan dengan cara medis pula. Masih menurut Arnot, gangguan psikiatrik dan fisik tak hanya perlu tindakan medis khusus saja, melainkan juga memerlukan sikap simpatik. Di sinilah peran dokter dalam melakukan pendekatan akan membantu penderita atau pasien untuk mengatasi gangguan fisik atau psikiatriknya. Dengan hal ini penderita juga akan menyadari potensi maksimal mereka baik secara psikiatrik, fisik, dan sosial di dunia luar yang nyata.

Apapun jenisnya, rehabilitasi adalah suatu proses penting dalam pemulihan hak-hak manusia  baik secara fisik maupun psikis. Ia ibarat bengkel untuk barang-barang yang sudah rusak yang tetap memiliki hak dan kesempatan untuk dipergunakan kembali seperti semula ia difungsikan. Keahlian para tukanglah yang berperan besar dalam mengembalikan kesempurnaannya. Karena setiap manusia terlahir untuk berharga dan bermanfaat bagi sesama.

Di bidang pertanian ada istilah rehabilitasi lahan. Pengertian rehabilitasi lahan / rehabilitasi hutan adalah pemulihan kondisi lahan atau hutan seperti sebelum digunakan untuk keperluan komersil. Contohnya rehabilitasi lahan gambut karena kebakaran atau karena penanaman sawit yang bersifat merusak. Rehabilitasi ini bisa dilakukan dengan cara deforestasi, pengelolaan kebakaran, dsb.

Sedangkan dalam dunia ekonomi, pengertian rehabilitasi ekonomi adalah perbaikan fisik segala fasilitas serta sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan ekonomi suatu negara.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian rehabilitasi secara umum ya ! Baca juga pengertian resistensi 🙂