PENGERTIAN REPRESENTASI


  •  Apa yang dimaksud representasi ?
  • Apa itu representasi ?
  • Apa arti kata representasi ?
  • Apa pengertian representasi pengetahuan dan contohnya ?

Pengertian Representasi


Pengertian Representasi Menurut Para Ahli :

Pengertian representasi adalah sebuah proses ataupun keadaan yang ditempatkan sebagai suatu perwakilan terhadap sebuah sikap / perbuatan dari sekelompok orang / golongan tertentu di dalam sebuah lingkungan.

Representasi merupakan sebuah proses sosial yang berhubungan dengan pola hidup dan budaya masyarakat tertentu yang memungkinkan terjadinya sebuah perubahan konsep-konsep ideologi dalam bentuk yang konkret. Hal ini dapat dilihat melalui pandangan-pandangan hidup kita terhadap beberapa hal seperti : pandangan hidup tentang seorang wanita, anak-anak dan yang lainnya.

Representasi juga merupakan sebuah proses / praktek penting yang akan melahirkan sebuah kebudayaan. Hal ini tentu sangat mungkin terjadi mengingat sebuah kebudayaan merupakan sebuah hal yang terjadi secara alami karena adanya sebuah proses yang berulang / memiliki efek timbal-balik terhadap pelaksanaannya.

Kita dapat mengambil contoh yang terjadi dalam hal ini ketika seseorang yang baru saja pindah dan menempati sebuah lingkungan masyarakat yang baru sudah tentu akan membawa serta budaya yang selama ini dijalankannya di lingkungan tempat tinggalnya yang lama.

Contohnya budaya berbagi makanan di saat akan berbuka puasa yang dijalankannya di lingkungan tempat tinggalnya yang lama. Saat orang tersebut menjalankan budaya berbagi makanan tersebut di lingkungannya yang baru dan tidak memiliki budaya yang sama, maka ada kemungkinan hal tersebutpun akan menjadi budaya yang baru dan akan diikuti juga oleh orang-oraang yang tinggal di lingkungannya yang baru.

Pengertian representasi pengetahuan adalah suatu cara untuk menyajikan relasi antara beberapa subjek pengetahuan ke dalam suatu bentuk diagram atau skema. Tujuannya adalah untuk mengambil benang merah ataupun poin-poin penting dari sumber pengetahuan tersebut sekaligus memberikan solusi atas permasalahan yang ada. Macam macam representasi pengetahuan adalah sebagai berikut :

  • Representasi Logika
  • Semantic nets / Jaringan Semantik
  • Frame / Bingkai
  • Object Attribute Value
  • Production Rule / Aturan Produksi

Pengertian representasi dalam hubungan internasional adalah sebuah bentuk perwakilan dari suatu negara untuk melakukan suatu kebijakan politik seperti hubungan dagang, kerjasama, bisnis dan sebagainya.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian representasi secara umum ya ! Baca juga pengertian guide 🙂