PENGERTIAN RESIPIEN UNIVERSAL DAN DONOR UNIVERSAL


  • Pengertian resipien universal dan donor universal itu apa ?
  • Apa yang dimaksud dengan resipien universal dan donor universal ?
  • Apa perbedaan donor universal dan resipien universal ?
  • Jelaskan pengertian donor universal dan resipien universal !

Pengertian Resipien Universal dan Donor Universal


Pengertian Resipien Universal dan Donor Universal Menurut Para Ahli :

Pengertian resipien universal adalah orang dengan jenis golongan darah yang dapat menerima transfusi darah dari orang dengan golongan darah jenis apapun.

Contoh resipien universal / orang yang masuk ke dalam kelompok resipien universal adalah mereka yang memiliki golongan darah AB Positif, di mana golongan darah ini tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen golongan darah A dan B sehingga golongan darah AB Positif dapat menerima transfusi darah dari orang dengan golongan darah A, b, dan O. Di lain sisi, seorang resipien universal justru tidak dapat mendonorkan darahnya kepada golongan darah manapun selain golongan darah AB Positif itu sendiri.

Jenis golongan darah AB adalah golongan darah paling jarang ditemui di dunia, hal ini bisa dilihat dari jumlah persentase di dalam setiap negara yang rata-rata hanya memiliki sekitar 4% – 15% saja orang dengan golongan darah AB. Bahkan untuk suku pribumi di wilayah Amerika Selatan hampir tidak memiliki golongan darah AB.

Pengertian donor universal adalah orang dengan jenis golongan darah yang dapat memberikan transfusi darah kepada semua orang dengan golongan darah jenis apapun.

Contoh donor universal / orang yang masuk ke dalam kategori donor universal adalah mereka yang memiliki golongan darah O Negatif, di mana golongan darah ini memiliki sel darah tanpa antigen namun tetap memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B sehingga golongan darah O Negatif bisa mendonorkan darahnya kepada mereka yang memiliki golongan darah A, B, dan O. Namun seorang donor universal tidak bisa menerima transfusi darah dari golongan darah manapun selain golongan darah O Negatif saja.

Hal ini tentu saja menjadi sebuah kesulitan tersendiri bagi orang-orang yang memiliki golongan darah O Negatif, karena meskipun golongan darah O adalah jenis golongan darah yang paling banyak ditemui di dunia, namun di beberapa negara Skandinavia seperti Swedia dan Norwegia golongan darah A justru lebih dominan bila dibandingkan dengan jenis golongan darah lainnya. Bisa dibayangkan bagaimana kecilnya kemungkinan untuk menemukan donor universal di wilayah tersebut.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian resipien universal dan donor universal serta perbedaan antara donor universal dan resipien universal ya ! Baca juga pengertian gregariousness đŸ™‚