PENGERTIAN RESORT


  • Pengertian resort hotel itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan resort ?
  • Apa itu resort ? Apa arti kata resort ?
  • Apa tujuan hotel resort ?

Pengertian Resort


Pengertian Resort Menurut Para Ahli :

Pengertian resort adalah hotel yang lokasinya berada di daerah pegunungan, di tepi aliran sungai, di tepi pantai, atau di tepi danau. (Murdhanti : 2011)

Definisi resort adalah tempat menginap yang mempunyai berbagai macam fasilitas khusus yang digunakan oleh wisatawan untuk kegiatan bersantai, berolah raga dan berkeliling sambil menikmati keindahan alam yang ada sekitar resort tersebut. Contoh fasilitas tersebut adalah lapangan golf, tennis, spa, jogging track, hiking dsb. (Pendit : 1999)

Arti resort adalah tempat rekreasi yang digunakan oleh wisatawan. (Mill : 2002)

Pengertian resort adalah jasa pariwisata yang memenuhi 5 jenis pelayanan yang biasa disebut dengan kriteria resort. Kriteria resort tersebut adalah akomodasi, fasilitas rekreasi, outlet penjualan, hiburan dan pelayanan makanan & minuman. (O Shannessy : 2001)


Apa yang terlintas di pikiran teman-teman jika mendengar istilah resort? Sebagian besar kita mungkin akan terbayang suatu tempat yang indah dengan berbagai fasilitas penunjang untuk berlibur dan bersenang-senang.

Ya dalam bidang pariwisata istilah resor atau resort adalah suatu tempat yang dapat digunakan untuk relaksasi, berlibur, rekreasi, dan lain sebagainya yang menyediakan berbagai fasilitas pendukung seperti tempat menginap, tempat makan, sarana olahraga, sarana hiburan, dan perbelanjaan.

Contohnya seperti di Bali, pulau Sikuai, Raja Ampat, dan masih banyak lagi. Resor dapat berupa sebuah bangunan, kota, bahkan pulau yang biasanya dibangun di daerah yang memiliki keindahan alam sehingga berpotensi untuk menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Jika merujuk pada kbbi atau kamus besar bahasa Indonesia maka istilah yang tepat adalah resor, bukan resort. Menurut kbbi resor diartikan sebagai suatu daerah dengan ukuran yang tidak begitu luas. Hal ini sejalan dengan pengertian resor dalam bidang pariwisata dimana biasanya resor-resor yang didirikan di tempat wisata hanya berupa sekelompok bangunan, walaupun ada pula resor yang berupa sebuah pulau.

Resor juga berarti daerah kekuasaan, misalnya kata resor pada istilah polres (kepolisian resor) yang berarti kepolisian yang membawahi daerah tingkat kabupaten. Pengertian resor yang ketiga dalam kbbi adalah lingkungan kerja.

Pembangunan resor di daerah-daerah yang memiliki potensi wisata merupakan hal yang sangat penting karena dapat menambah daya tarik wisatawan untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut. Bukankah sering kita dengar lokasi-lokasi wisata yang memiliki keindahan alam namun sepi pengunjung atau belum terlalu dikenal karena minimnya fasilitas seperti tidak adanya penginapan, tempat makan, tempat bermain, dan lain sebagainya.

Dengan adanya resor para pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas sehingga liburan ke suatu tempat menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Selain itu pembangunan resor juga dapat membuka lapangan kerja dimana sebuah resor tentu membutuhkan banyak pekerja untuk mengelola resor. Masyarakat di sekitar resor juga diuntungkan dengan banyaknya wisatawan yang datang karena mereka dapat membuka berbagai usaha seperti menjual makanan, menjual souvenir, jasa pemandu wisata, dan lain sebagainya.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian resort dan karakteristiknya secara umum ya ! Semoga artikel pengertian resort hotel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Baca juga pengertian relevan 🙂