PENGERTIAN RUMOR


  • Pengertian rumor dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan rumor ?
  • Apa itu rumor ? Apa arti kata rumor ?
  • Apa perbedaan rumor dan gosip ?

Pengertian Rumor


Pengertian Rumor Menurut Para Ahli :

Pengertian rumor adalah sebuah kabar burung yang sumber informasinya tidak diketahui secara jelas namun informasi ini bisa mempengaruhi perilaku sosial.

Definisi rumor adalah sepotong informasi yang belum diverifikasi sumbernya (belum terbukti benar) yang pada umumnya menyebar dari mulut ke mulut.


Setiap hari kita dihujani dengan beragam informasi. Hanya dengan sentuhan ujung jari kita dapat mengakses berbagai informasi mulai dari berita perang sampai gosip artis korea, mulai dari informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sampai informasi yang tidak jelas kebenarannya atau disebut juga rumor.

Rumor adalah gunjingan atau pembicaraan yang tersebar di masyarakat mengenai sesuatu, seseorang, atau kelompok. Seperti rumor mengenai asal usul kekayaan seseorang yang dianggap berasal dari hasil korupsi walaupun belum dapat dibuktikan kebenarannya. Atau rumor mengenai transfer pemain sepak bola sebuah klub yang sudah muncul bahkan sebelum klub tersebut mengeluarkan pernyataan resmi. Tidak jelas darimana munculnya rumor ini, entah hanya ciptaan si pembuat berita atau desas-desus yang kemudian dijadikan berita oleh penulis berita.

Ciri utama sebuah rumor adalah tidak adanya verifikasi mengenai kebenaran sebuah informasi. Sebuah rumor biasanya berasal dari sumber yang tidak jelas dan bukan berasal dari pernyataan resmi yang bersangkutan sehingga sulit untuk memverifikasinya.

Meskipun ada juga rumor yang benar-benar menjadi kenyataan akan tetapi kita tidak dapat serta merta menerima dan mempercayai sebuah rumor. Perlu verifikasi atau menunggu pernyataan resmi dari yang bersangkutan untuk dapat meyakini kebenaran sebuah informasi.

Walaupun terkesan sepele, sebuah rumor dapat memberikan dampak cukup besar bagi objek yang terkena rumor. Seseorang atau sekelompok orang dapat merasa sangat terganggu karena adanya rumor mengenai kehidupan mereka. Yang berpasangan bisa berpisah, nama baik organisasi pun bisa tercoreng, bahkan pasar saham sekalipun juga dapat terpengaruh hanya karena sebuah rumor.

Mengetahui dampak yang dapat ditimbulkan sebuah rumor, ada orang-orang yang memang sengaja membuat rumor untuk tujuan tertentu seperti untuk menaikkan pamor seseorang atau kelompok, menjatuhkan lawan bisnis atau lawan politik, dan lain sebagainya.

Semakin heboh sebuah rumor semakin besar dampak yang ditimbulkannya. Contohnya seorang manajer artis yang ingin mengorbitkan artis asuhannya dengan cara menyebarkan rumor bahwa artis tersebut memiliki hubungan dengan pria beristri. Walaupun rumor tersebut bersifat negatif akan tetapi hal ini menimbulkan rasa ingin tahu di masyarakat sehingga sedikit banyak si artis akan sering masuk berita dan dikenal oleh masyarakat.

Rumor dan gosip secara umum hampir sama. Namun ada perbedaan yang paling mencolok antara keduanya dimana gosip lebih mementingkan unsur personal tanpa melibatkan unsur bisnis atau keuangan di dalamnya. Gosip secara umum lebih condong kepada kehidupan personal seperti selebriti dkk. Sedangkan rumor hampir selalu berkaitan dengan urusan bisnis dan finansial. Contohnya rumor kenaikan harga rokok, bukan gosip kenaikan harga rokok.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian rumor dan contohnya. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian rumor dan gosip secara umum ya ! Baca juga pengertian resort 🙂