PENGERTIAN RUNDOWN ACARA


  • Pengertian rundown acara program itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan rundown acara ?
  • Apa itu rundown acara ? Apa arti rundown acara ?
  • Apa fungsi rundown acara ?

Pengertian Rundown Acara


Pengertian Rundown Acara Menurut Para Ahli :

Arti rundown dalam bahasa indonesia adalalah laporan singkat tentang bagian utama dari sesuatu hal.

Pengertian rundown acara adalah susunan program yang sistematis dari sebuah acara yang dibatasi oleh durasi. Rundown acara pada umumnya dibuat oleh panitia sebuah acara. Rundown acara biasanya berbentuk tabel dan digunakan dalam berbagai event atau acara, baik itu acara seminar, televisi, ataupun event semacam talkshow, konser musik, acara pernikahan, peresmian gedung dsb.

Fungsi rundown acara adalah agar acara tersusun lebih teratur, rapi dan sistematis. Bagi audiens yang awam, rundown acara juga akan sangat membantu mereka untuk mengetahui dan memahami jalan atau alur sebuah acara.

Dengan rundown, setiap bagian dari acara akan diatur secara lengkap dan teratur, dari awal hingga akhir acara. Misalnya, berapa menit waktu yang akan digunakan untuk pembukaan, berapa menit untuk kata sambutan, berapa menit jeda, begitu seterusnya untuk bagian acara yang lain. Dengan demikian akan diketahui berapa kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk acara tersebut, sehingga bisa menghemat waktu dan tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Rundown acara juga dibuat untuk mengkoordinasi panitia dan pengisi acara sehingga bisa mengeliminasi kesalahan yang mungkin terjadi. Penanggung jawab acara bisa mengontrol apa saja tugas anggotanya. Panitia acara akan tahu kapan saatnya harus melakukan bagian acara yang ini, dan kapan melakukan bagian acara yang lainnya. Begitupun dengan pengisi acara akan tahu kapan waktunya untuk bersiap dan tampil, sehingga tidak ada kebingungan dan kekosongan saat acara berlangsung nanti.

Namun, meskipun telah diatur detail acara beserta waktunya, rundown acara sebenarnya bersifat fleksibel, alias bisa berubah sewaktu-waktu.  Selama tidak melenceng jauh dari konsep, hal ini tentunya tidak akan menjadi masalah yang berarti. Dan hal ini merupakan bagian penanggung jawab acara itu sendiri untuk segera mengkomunikasikannya dengan pihak-pihak yang terlibat. Dengan demikian tidak akan ada bagian acara yang kosong atau hilang.

Saat acara selesai, rundown acara tetap dibutuhkan untuk proses evaluasi, apakah acara telah berlangsung dengan baik dan sukses, atau masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki. Sehingga untuk ke depannya bisa dibuat rundown yang lebih baik demi kesuksesan acara berikutnya


Itulah penjelasan singkat mengenai arti rundown acara. Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian rundown program secara umum ya ! Baca juga pengertian kualitas kerja 🙂