PENGERTIAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK BESERTA CONTOHNYA


  • Pengertian sampah organik dan anorganik dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan sampah organik dan non organik ?
  • Apa itu sampah organik dan non organik ?
  • Apa arti sampah organik dan non organik ?
  • Apa perbedaan sampah organik dan anorganik ?

Pengertian Sampah Organik dan Anorganik Beserta Contohnya


Pengertian Sampah Organik dan Anorganik Menurut Para Ahli :

Pengertian sampah organik adalah sampah / limbah yang berasal dari sisa makluk hidup yang terdapat di alam, seperti: tumbuhan dan hewan, serta berbagai macam hasil olahannya yang kemudian dibuang dan dapat terurai secara alami oleh bakteri tanpa perlu tambahan bahan kimia apapun di dalam penguraiannya.

Sampah organik adalah jenis sampah yang ramah lingkungan dan bahkan pada umumnya dapat dimanfaatkan kembali dengan melakukan pengolahan dan pemanfaatan yang tepat seperti: pupuk kompos dan berbagai macam pakan bagi ternak. Meski tidak berbahaya, namun pengolahan sampah organik yang tidak tepat akan berpotensi menimbulkan berbagai macam masalah di dalam kehidupan manusia, hal ini bisa saja terjadi mengingat sampah organik adalah jenis sampah yang akan cepat mengalami pembusukan. Proses yang tergolong cepat tersebutlah yang mungkin akan menyebarkan berbagai penyakit dan bakteri bagi lingkungan yang tidak memiliki sistem pengolahan sampah yang baik.

Beberapa contoh sampah organik yang banyak ditemukan di dalam kehidupan kita sehari-hari: dedaunan dan ranting pohon, bangkai hewan, kotoran hewan, kotoran manusia, sisa pengolahan makanan, sisa pengolahan tanaman / sayuran.

Pengertian sampah anorganik adalah sampah atau limbah yang dihasilkan dari berbagai macam proses, di mana jenis sampah ini tidak akan bisa terurai oleh bekteri secara alami dan pada umumnya akan membutuhkan waktu yang sangat lama di dalam penguraiannya.

Sampah anorganik merupakan salah satu masalah terbesar yang ditemukan di dalam kehidupan manusia, di mana sampah ini telah begitu berdampak buruk terhadap kehidupan manusia. Hal tersebut diakibatkan oleh banyaknya sampah anorganik yang terdapat di bumi dan mencemari lingkungan hidup karena sampah-sampah tersebut tidak bisa terurai secara alami dalam waktu yang singkat. Butuh waktu ratusan atau bahkan ribuah tahun untuk bisa mengurai sampah anorganik secara alami, karena itu cobalah untuk mengurangi produksi sampah ini dalam kehidupan kita.

Beberapa contoh sampah anorganik: berbagai macam sampah plastik yang sangat banyak kita gunakan di dalam kehidupan sehari-hari, kaca, kaleng, besi, dan yang lainnya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian sampah organik dan anorganik beserta contohnya. Nah semoga teman-teman bisa memahami contoh sampah organik dan non organik secara umum ya ! Baca juga pengertian cq dalam surat menyurat 🙂