PENGERTIAN SANTRI MENURUT PARA AHLI


  •  Apa yang dimaksud dengan santri ?
  • Apa itu santri / apa artinya santri ?
  • Apa definisi santri menurut para ahli ?

Pengertian Santri


Pengertian Santri Menurut Para Ahli :

Pengertian santri adalah panggilan untuk seseorang yang sedang menimba ilmu pendidikan agama Islam selama kurun waktu tertentu dengan jalan menetap di sebuah pondok pesantren.

Ada beberapa penafsiran kata santri yang dikenal luas, antara lain:

  • Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dikatakan bahwa kata santri memiliki arti : orang yang sedang menuntut ilmu agama Islam.
  • Seorang peneliti bernama Johns mengatakan bahwa kata santri berasal dari bahasa Tamil dan memilii arti : guru mengaji.
  • Sedangkan peneliti bernama CC.Berg mengatakan bahwa kata santri berasal dari bahasa India yakni : Shastri yang artinya seorang ahli kitab agama Hindu. Pendapat ini juga didukung oleh A. Steenbrink yang beranggapan bahwa pendidikan di pesantren mirip dengan pendidikan India Hindu.
  • Sebagian orang di Indonesia berpendapat bahwa kata santri berasal dari bahasa Sansekerta, yakni : Sastri yang memiliki arti “melek huruf”.
  • Sedangkan sebagian lainnya mengatakan kalau kata santri berasal dari bahasa Jawa, yakni: Cantrik yang memiliki arti seseorang yang selalu setia mengikuti gurunya dan ikut serta ke manapun gurunya itu pergi.

Di dalam pondok pesantren, para santri akan mengikuti jadwal belajar dan ibadah yang telah disusun sedemikian rupa dan menjadi hal yang wajib untuk dilaksanakan para santri. Adapun beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan di dalam pondok pesantren adalah sebgai berikut:

  1. Mengikuti Shalat berjamaah sesuai dengan waktu yang ditentukan.
  2. Mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sesuai dengan jadwal.
  3. Sarapan dan makan bersama sesuai dengan jadwal dan aturan yang berlaku.
  4. Melaksanakan / mengikuti acara-acara yang diadakan pondok pesantren.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian santri secara umum ya ! Baca juga pengertian masa perundagian 🙂